Jawa Pos

Komitmen Cegah Pelajar Ikut Demo

Kapolres Beri Pembinaan Para Kasek

-

GRESIK, Jawa Pos – Aksi demonstras­i yang melibatkan siswa-siswi belakangan ini membuat berbagai kalangan prihatin. Maklum, tugas utama mereka sejatinya belajar. Karena itu, kemarin (2/10) Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo memberikan pembinaan kepada para kepala sekolah (Kasek).

Kegiatan di Ruang Mandala Bhakti Praja lantai 4 kantor Pemkab Gresik tersebut juga dihadiri Bupati Sambari Halim Radianto, Kasdim 0817/Gresik Mayor Arh Suwanto, Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Mahin, dan beberapa pejabat lainnya.

Menurut Kusworo, pihaknya menginisia­si pertemuan itu untuk mencegah pelajar Kota Santri terpengaru­h aksiaksi demonstras­i. Dia berharap para pelajar tetap fokus belajar. ”Syukur Alhamdulil­lah di Gresik keadaan sangat kondusif,” ujarnya.

Mantan Kapolres Jember itu juga meminta para Kasek dan guru untuk memberikan pemahaman tentang penggunaan media sosial dengan bijak dan smart. ”Jangan sekali-kali membuat, meneruskan, dan menyebarka­n informasi hoaks. Sebelum menyebarka­n, sebaiknya saring atau tabayun dulu. Sebab, setiap hoaks akan berimplika­si hukum dengan ancaman pidana enam tahun sesuai UU ITE,’’ ungkapnya.

Dalam pertemuan itu, para Kasek juga menggelar deklarasi untuk bersama-sama ikut menjaga Gresik tetap kondusif. Pembacaan naskah deklarasi dipimpin Burhanuddi­n, kepala SMP Negeri 31 Gresik. Bunyi deklarasi, antara lain, Kami kepala SMP dan SMA sepakat untuk menjaga siswa-siswi kami untuk tidak ikut aksi unjuk rasa dan fokus pada kegiatan belajar.

Sementara itu, bupati memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Menurut Sambari, komitmen itu menjadi langkah awal para Kasek untuk ikut menjadikan Gresik tetap aman dan nyaman. ”Ini sifatnya wajib. Kami akan menindakla­njuti dengan membuat semacam pakta integritas yang harus ditandatan­gani semua kepala sekolah,” tegasnya.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? FOKUS BELAJAR: AKBP Kusworo Wibowo memberikan pembekalan di acara silaturahm­i dan pembinaan kepala sekolah kemarin. Foto kanan, Kepala SMPN 31 Gresik Burhanuddi­n memimpin deklarasi Jaga Gresik.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS FOKUS BELAJAR: AKBP Kusworo Wibowo memberikan pembekalan di acara silaturahm­i dan pembinaan kepala sekolah kemarin. Foto kanan, Kepala SMPN 31 Gresik Burhanuddi­n memimpin deklarasi Jaga Gresik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia