Jawa Pos

Yacht Mulai Merapat ke Pulau Bawean

-

GRESIK, Jawa Pos – Wonderful Sail to Indonesia (WSTI) di Pulau Bawean memang baru dibuka besok (4/10). Namun, kemarin sore (2/10) Kapal Republik Indonesia (KRI) sudah terlihat di perairan Bawean. Kapal-kapal layar (yacht) dipastikan segera merapat.

Dari informasi yang dihimpun Jawa Pos, sudah ada 30 yacht di perairan Jatim kemarin sore. Jumlah itu belum mencapai separo dari perkiraan 100 yacht yang akan memeriahka­n WSTI. Hari ini (3/10) diperkirak­an para yachter –sebutan pelayar– dari berbagai negara itu mulai tiba di Pantai Labuhan, Tanjung Ori, Bawean.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Gresik A.H. Sinaga, event WSTI memang baru dimulai Jumat besok. Puncak acaranya dilaksanak­an di Lapangan Tambak. ”Kemudian, Sabtu ada pengukuhan perahu jukhong. Ada 200 perahu yang terlibat,” katanya kepada Jawa Pos yang ikut menyaksika­n kemeriahan event internasio­nal itu.

Pengukuhan akan dipusatkan di Pantai Jhembengan, Tambak. Momen itu terbilang langka dan indah. Sebab, perahupera­hu tersebut akan dihias warna-warni. ’’Sudah banyak yang menghias jukhong. Nah, itu mengasyikk­an dan menjadi pemandanga­n menarik,” ujarnya.

WSTI merupakan agenda promosi wisata bahari tahunan yang diselengga­rakan Kementeria­n Pariwisata (Kemenpar). Nah, salah satu wilayah yang menjadi jujukan adalah Bawean. Ada ratusan perahu jhukong dari berbagai negara yang menjadi peserta. Tahun ini merupakan tahun kedua.

Selama di Pulau Bawean, para turis akan dijamu dengan makanan khas Bawean. Selain itu, ada kegiatan yang tidak kalah seru. Di antaranya, Festival Pulau Cena. Mulai jhukong race, parade perahu hias, hingga penanaman pohon bakau (mangrove). Wisatawan juga diajak ke tempat penangkara­n rusa Bawean yang menjadi maskot Asian Game 2018.

Sinaga berharap acara tersebut berlangsun­g lancar. Seluruh stakeholde­r yang terlibat akan bersama-sama menyuksesk­an WSTI di Pulau Bawean. Dengan demikian, keeksotisa­n Bawean semakin mendunia.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? EVENT INTERNASIO­NAL: Wabup Moh. Qosim bersama jajaran Pemkab Gresik berangkat ke Pulau Bawean dengan naik kapal kemarin.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS EVENT INTERNASIO­NAL: Wabup Moh. Qosim bersama jajaran Pemkab Gresik berangkat ke Pulau Bawean dengan naik kapal kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia