Jawa Pos

Ketika Bumi Penuh dengan Warna-warni

Pesan Cinta Lingkungan via Lukisan ala Astuti

-

SURABAYA, Jawa Pos – Kesibukan mengurus rumah bisa jadi pemantik inspirasi. Kondisi itu dialami Sri Lestari Puji Hastuti. Begitu banyaknya pekerjaan rumah tangga yang harus ditangani malah membuatnya ingin segera menggoresk­an kuas di kanvas. Temanya tidak jauh dari rumah dan lingkungan sekitarnya. Hasilnya, sembilan lukisan dengan aura riang berhasil diproduksi Astuti. Dia pun menyisipka­n pesan cinta lingkungan hidup.

Lukisannya cukup sederhana. Menggambar­kan alam dengan sosok perempuan yang sedang menikmatin­ya. Beberapa lainnya juga menggambar­kan hewan-hewan yang bebas bermain di alam.

’’Selain itu, semua dipenuhi pohon, rerumputan, dan bunga. Gitu aja udah terlihatme­nyegarkand­anmenyenan­gkan,’’ katanya kemarin (2/9).

Astuti, panggilan akrab Sri Lestari Puji Hastuti, menjelaska­n bahwa lukisan-lukisannya yang dipamerkan hingga 20 Oktober itu sebenarnya hanya ingin menggambar­kan indahnya bumi saat rimbun dengan pepohonan. ’’Pohon ini kalau dilihat saja sebenarnya bisa menyejukka­n. Tapi, sekarang pohon-pohon itu jadi semakin banyak yang ditebang. Bahkan sekarang juga banyak yang dibakar,’’ tambahnya.

Beberapa lukisannya kali ini juga menghadirk­an sebuah joglo dengan bentuk tradisiona­l. Tempat berteduh itu berada di tengah-tengah rerumputan dan bunga-bungaan yang indah. ’’Joglo ini sebenarnya salah satu keinginan saya. Pengin punya joglo sendiri. Tapi, sepertinya kalau di era sekarang itu tidak mungkin,’’ ungkapnya.

Lukisannya yang beraliran naif dekoratif tersebut juga diwarnai kehadiran periperi yang beterbanga­n. ’’Peri-peri ini sebenarnya seperti perlambang­an malaikat pelindung saya pribadi. Harapannya, adanya peri-peri ini juga bisa memberikan doa yang baik-baik,’’ jelas perempuan asal Klaten tersebut.

Warna-warna cerah yang digunakan Astuti membuat lukisannya terlihat lebih segar. ’’Saya pribadi suka warnawarna yang cerah. Soalnya benarbenar bisa bikin mood jadi ceria,’’ katanya, lantas tersenyum. ’’Siapa tahu keceriaan itu menular pada pengunjung yang menikmati lukisan saya,’’ tambahnya.

 ?? MARIYAMA DINA/JAWA POS ?? WARNA CERAH: Sebagian lukisan Sri Lestari Puji Hastuti yang dipamerkan di Hotel Lifestyles Surabaya kemarin.
MARIYAMA DINA/JAWA POS WARNA CERAH: Sebagian lukisan Sri Lestari Puji Hastuti yang dipamerkan di Hotel Lifestyles Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia