Jawa Pos

Hoax Foto Demonstran SMK Jadi Cover Majalah di LN

-

FOTO pelajar SMK yang menyeka wajah dengan menggunaka­n bendera Merah Putih di tengah kepungan gas air mata saat demo di DPR begitu viral. Banyak simpati untuk remaja yang diyakini bernama Lutfi Alfiandi itu. Namun, ada juga yang menjadikan foto tersebut sebagai bahan hoax. Tujuannya, menyerang perilaku aparat keamanan yang dianggap terlalu brutal dalam menghadapi para demonstran.

Kemarin beredar kabar bahwa foto Lutfi telah menjadi cover majalah dan koran internasio­nal. Kabar tersebut dilengkapi kolase tiga foto. Semua memperliha­tkan figur publik yang memegang koran yang memuat foto Lutfi di tengah aksi demo pelajar menentang pengesahan RUU kontrovers­ial.

’’Info. Salam buat kawanku & adekku, sodara Lutfi Alfiandi? Fotomu jadi mendunia. Lihatlah fotomu mengguncan­g Dunia. Bahkan sampai di gedung PBB,’’ tulis pemilik akun Facebook M. Syamsudin (fb.com/m.syamsudin.9678). Disebutkan juga bahwa PBB akhirnya meminta Indonesia memberikan ruang kepada pelajar yang menyampaik­an aspirasi.

Posting-an itu kemudian disebar ulang oleh pemilik akun Benda Hidayah Solehah (fb.com/bendahiday­ah.solehah) kemarin (3/10). Tentu saja ditambahi komentar sesuai dengan persepsi sang pemilik akun. ’’Alhmdulill­ah biar pbb dpt menangkp pelanggara­n ham di Indonesia,’’ tulisnya.

Sayangnya, kolase foto itu menggunaka­n bahan yang sudah direkayasa. Misalnya, foto perempuan memegang papan bergambar Lutfi. Perempuan tersebut bernama Alexandria Ocasio-Cortez, politikus Partai Demokrat sekaligus guru di Amerika Serikat. Versi aslinya, yang dipegang Ocasio-Cortez adalah plakat kertas bertulisan janji untuk tidak mengambil kontribusi dari industri bahan bakar fosil. Anda bisa melihat foto tersebut di bit.ly/TolakBahan­BakarFosil.

Sementara itu, pria berjaket yang memegang majalah dengan cover foto Lutfi itu sangat mirip dengan pesepak bola Belanda Ruud van Nistelrooy. Versi aslinya, dia memegang majalah dengan cover bergambar bola di sebuah stadion. Anda bisa melihatnya di bit.ly/CoverMajal­ahBola.

Foto pria dengan latar belakang lukisan yang memegang koran bergambar foto Lutfi juga hasil rekayasa. Versi aslinya, koran tersebut bergambar pria dengan sebuah bunga yang menempel di wajahnya. Foto itu pernah diunggah akun Twitter Jhon Cleese (@JhonCleese) pada 16 September 2017. Anda bisa melihatnya di bit.ly/ KoranMensS­tyle.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia