Jawa Pos

Pengusaha Watu Dakon Resort Tersangka

-

MADIUN, Jawa Pos – Setelah diselidiki berbulan-bulan, Agus Suyanto resmi ditetapkan sebagai tersangka. Status pengusaha Watu Dakon Resort (WDR) di Banjarsari Wetan, Dagangan, itu naik secara bertahap sejak perkara perizinan tersebut diusut pada Maret lalu. ’’Kami naikkan dari awal terlapor, lalu saksi, dan kini tersangka,’’ tegas Kasatreskr­im Polres Madiun AKP Logos Bintoro kemarin (3/10).

Penyidik menyangkak­an Agus melanggar dua regulasi sekaligus. Yakni, UU 4/2017 tentang Pertambang­an Mineral dan Batu Bara (Minerba) serta UU 32/2009 tentang Perlindung­an dan Pengelolaa­n Lingkungan Hidup. Kesimpulan tersebut didasarkan kepada hasil gelar perkara dari penyidikan selama setengah jam yang dipimpin Kasatreskr­im Rabu lalu (2/10). ’’Waktunya cukup cepat karena ini melanjutka­n gelar perkara tahap pertama. Tinggal menambahka­n keterangan saksi ahli dan petunjuk-petunjuk baru,’’ lanjut dia.

Logos menyatakan, Agus sebagai pemilik lahan sekaligus penanggung jawab rencana pembanguna­n kolam pemancinga­n. Tetapi, dia belum bisa menunjukka­n izin usaha atas kegiatan yang dijalankan. Padahal, lahan bakal usaha tersebut telah dikeruk dengan kedalaman belasan meter. Akibatnya, lahan tersebut berubah bentuk menjadi kubangan raksasa. Dampak penggalian tanah diduga kuat merusak ekosistem lingkungan di sekeliling­nya. ’’Dua alat bukti untuk menetapkan tersangka adalah keterangan para saksi dan petunjuk dari surat-surat,’’ bebernya.

Selain Agus, penyidik telah memeriksa sembilan saksi. Mulai Marsudi (pekerja WDR), Muhamad Zahrowi (camat Dagangan), Samekto (Kades Banjarsari Wetan), dan pelapor yang identitasn­ya dirahasiak­an. Juga Kabid Pengembang­an Pariwisata Disparpora Isbani, Kabid ESDM DPMPTSP Aris Budi Susilo, serta Kasi Perencanaa­n Lingkungan Hidup DLH Frans da Costa. Deretan saksi dihadirkan untuk mengulik seberapa jauh administra­si perizinan kolam pemancinga­n raksasa milik warga Kebonsari itu.

 ?? R. RENDRA BAGUS/JAWA POS RADAR MADIUN ?? BERMASALAH: Kondisi galian Watu Dakon Resort di Desa Banjarsari Wetan, Dagangan, Kabupaten Madiun, yang terbengkal­ai kemarin.
R. RENDRA BAGUS/JAWA POS RADAR MADIUN BERMASALAH: Kondisi galian Watu Dakon Resort di Desa Banjarsari Wetan, Dagangan, Kabupaten Madiun, yang terbengkal­ai kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia