Jawa Pos

HARI PARA PENYERANG BERPESTA

-

LIVERPOOL, Jawa Pos –

Matchday kedua fase grup Liga Champions bertabur gol. Jika pada hari pertama (2/10) tercipta 28 gol atau rata-rata 3,5 gol per laga, pada hari kedua kemarin (3/10) dihasilkan 24 gol atau rata-rata 3 gol per laga. Dan, kemarin merupakan hari bagi para penyerang. Berbeda dengan hari pertama yang random.

Total ada 13 striker yang mencatatka­n nama di papan skor. Paling banyak terjadi dalam laga kandang perdana sang juara bertahan Liverpool di Anfield. Dari 7 gol yang tercipta saat The Reds menang 4-3 atas Red Bull Salzburg, 5 gol merupakan kontribusi para penyerang.

Dari tuan rumah, Mohamed Salah memborong 2 gol dan ditambah sebiji gol oleh Sadio Mane. Itu belum termasuk dua

assist oleh tandem Salah-Mane, Roberto Firmino. Sementara itu, tim tamu menempatka­n striker Korsel Hwang Hee-chan dan pemain pengganti Erling Haaland.

’’Saya rasa ketika kami unggul 3-0 (hanya dalam 36 menit awal, Red), kami yakin bisa mencetak gol keempat, kelima, bahkan yang keenam,’’ ucap Salah seperti dilansir BT Sport. ’’Laga menjadi sulit ketika lawan secara beruntun mencetak tiga gol. Pada akhirnya, kami mendapatka­n gol keempat dan menang. Itu yang penting,’’ tambah pemain yang musim ini sudah mengoleksi enam gol tersebut.

Di sisi lain, meski kalah, Salzburg menuai apresiasi karena membobol sampai tiga kali gawang juara bertahan. Dengan torehan 9 gol dari dua laga, juara Austrian Bundesliga itu hanya kalah produktif dari Bayern Muenchen (10 gol) berkat hasil mencukur Tottenham Hotspur 7-2 di London sehari sebelumnya.

Bahkan, Haaland sementara menempati predikat top scorer

bersanding dengan winger

Bayern Serge Gnabry. Kedua pemain sama-sama mengoleksi empat gol. Haaland sekaligus mengekor jejak sang ayah, AlfInge Haaland, yang mencetak gol ke gawang Liverpool 7.950 hari sebelumnya. Juga terjadi di Anfield.

Di antara striker pencetak gol kemarin, Tammy Abraham mungkin paling emosional. Sebab, dia mencetak gol pertam an ya di Liga Cham pions bert epata n den gan hari ulang tahun ke-22. Chelsea pun dib awanya menang 2-1 di kandang Lille, Stade Pierre- Mau roy. ’’Kado ulang tahun yang fantastis: gol dan 3 poin,’’ ucapnya kepada Daily Mail.

Selain Abraham, hanya ada satu pemain Inggris lain yang menciptaka­n gol pada hari ulang tahunnya. Dia adalah Raheem Sterling pada Desember 2015. Yang istimewa, dua gol Sterling saat Manchester City menang 4-2 atas Borussia Moe nc hengl ad bach dalam fase grup di Stadion Etihad itu tercipta hanya dalam rentang semenit.

Sementara itu, persaingan bomber Amerika Latin terjadi dalam pertemuan FC Barcelona versus Inter Milan di Camp Nou. Luis Suarez (Uruguay/ Barca) dan Lautaro Martinez (Argentina/Inter) saling unjuk gigi. Gol cepat Lautaro ke gawang kiper Barca Marc-Andre ter Stegen pada menit ke-2 dibalas lebih sadis oleh brace

Suarez. Sekaligus memberikan kemenangan 2-1 untuk Barca.

Untuk kali ketiga musim ini, Barca melakukan comeback.

Sebelumnya terjadi saat menghadapi Real Betis pada jornada kedua (26/8) dan jornada ketiga versus Osasuna (31/8). ’’Selalu ada kesempatan memperbaik­i kesalahan setelah apa yang terjadi pada babak pertama. Kami sabar dan percaya bahwa kerja kolektif kami akan membuahkan hasil pada akhirnya,’’ kata Suarez kepada Mundo Deportivo.

Dua gol ke gawang Inter Milan menempatka­n klub-klub Italia sebagai lawan favorit El Pistolero. Sudah enam gol Suarez yang bersarang di gawang tim Italia ketika bersua di Liga Champions.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia