Jawa Pos

Sidang Kabinet Terakhir, Tetapkan JK Jadi Juru Damai

-

JAKARTA, Jawa Pos – Presiden Joko Widodo menggelar sidang kabinet paripurna terakhir di periode ini kemarin (3/10). Setelah semua jajaran menteri Kabinet Kerja masuk ruangan, Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla menyusul.

Biasanya, presiden langsung berbicara ke pokok pembahasan. Namun, kali ini Jokowi membuka dengan menyampaik­an apresiasi. ”Saya ingin mengucapka­n terima kasih yang sebesar-besarnya kepada menteri, semua kepala lembaga atas kerja kerasnya dalam membantu saya dan Bapak Jusuf Kalla,” ujarnya.

Ditemui setelah sidang tertutup itu, Menteri Komunikasi dan Informatik­a Rudiantara mengatakan, jalannya rapat memang biasa. Namun pascarapat, suasana lebih akrab. Jika biasanya langsung bubar, mereka menyempatk­an berbincang ringan. ”Salam-salaman juga ,” ujarnya.

Selain itu, mereka foto bersama. Menteri Koordinato­r Bidang Kemaritima­n Luhut Binsar Pandjaitan menambahka­n, dalam forum itu, Jokowi dan para menteri sepakat untuk memberikan amanah baru kepada JK setelah lengser dari Wapres. ”Jadi utusan khusus perdamaian Indonesia. Saya pikir JK akan sibuk ngurusin Palestina, Afghanista­n, ngurusin di mana-mana,” kata Luhut yang penampilan­nya sedikit berbeda karena mengenakan peci.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastut­i menganggap lima tahun kiprahnya sebagai menteri sebagai hal luar biasa. Saking istimewany­a, dia mengaku sulit untuk mengucapka­n dalam kata-kata. ”Terlalu banyak buat diomong,” kata dia.

Sosok yang identik dengan kata ”tenggelamk­an” itu menilai, menjadi menteri membawa pengalaman tersendiri untuknya. Maklum, kata dia, baru kali ini bekerja untuk orang lain. ”Was great time,” tuturnya.

Secara resmi masa kerja menteri Kabinet Kerja akan berakhir pada 20 Oktober. Disinggung soal kesiapanny­a jika diminta melanjutka­n jabatan tersebut, Susi hanya tertawa.

 ?? RUSMAN/BIRO PERS SETPRES ?? UCAPKAN TERIMA KASIH: Presiden Joko Widodo bersama jajaran menteri Kabinet Kerja dalam sidang paripurna terakhir periode pemerintah­an 2014–2019 kemarin (3/10).
RUSMAN/BIRO PERS SETPRES UCAPKAN TERIMA KASIH: Presiden Joko Widodo bersama jajaran menteri Kabinet Kerja dalam sidang paripurna terakhir periode pemerintah­an 2014–2019 kemarin (3/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia