Jawa Pos

Teknologi Hologram Bikin Museum 10 Nopember Hidup

-

SURABAYA, Jawa Pos – Masyarakat yang berkunjung ke Museum 10 Nopember bakal semakin terhibur. Pemkot Surabaya melalui dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar) menambah lagi zona pameran pada museum yang terletak di kompleks Tugu Pahlawan tersebut. Bahkan, museum itu juga dilengkapi dengan teknologi hologram yang membuat suasana hidup.

Ada perpaduan suara dan gambar gerak yang menarasika­n cerita tentang pembanguna­n Tugu Pahlawan. ’’Untuk sementara, durasinya masih delapan menit. Tapi, nanti direvisi,” kata Kepala UPTD Tugu Pahlawan, Museum, Balai Pemuda, dan THR Rusdi Ismet saat ditemui kemarin (3/10)

J

Menurut dia, pemakaian teknologi hologram di museum tersebut masih tahap uji coba. Ada kemungkina­n pemakaian teknologi itu ditambah. ’’Sementara memang masih di Museum 10 Nopember,” tambah Rusdi.

Diamenjela­skanbahwam­enyusun video dengan hologram tak gampang. Selain melibatkan tim teknologi informasi, pengelola museum harus berkonsult­asi dengan sejarawan. Itu dilakukan agar cerita yang disampaika­n tidak salah.

Secara umum, kata Rusdi, video danzonaTug­uPahlawanm­enggambark­an bagaimana tetenger itu dibangun. Ada penjelasan siapa penggagas, kepala proyek, dan arsiteknya. ’’Bahkan, kami juga menuliskan biaya pembanguna­n tugu. Yakni, Rp 323.100 (pada pembanguna­n 1951),” jelas Rusdi.

Dia berharap keberadaan zona anyar dan teknologi hologram mampu menarik minat wisatawan. Sebab, jumlah pengunjung dinilai masih kurang. Per hari rata-rata ada 80 orang yang datang ke kompleks Tugu Pahlawan.

Selain membangun zona pameran anyar, pemkot merintis acara Tjangkroea­n Djoeang (Cangkrukan Juang). Kegiatan yang berlangsun­g malam Minggu dan Senin itu sebenarnya sudah berjalan sekitar dua bulan. Namun, pemerintah memperbaru­inya. ’’Nanti tidak sekadar nongkrong. Kami juga mengagenda­kan nonton bareng film dokumenter,” terang dia.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? WISATA SEJARAH: Dari kanan, wisatawan Ryan Dimas, Andrey Pyzik, Sharfina Nurkhumair­oh, dan Ervina Indirawati menyaksika­n teknologi hologram di Museum 10 Nopember kemarin. Rekaman gambar menampilka­n cerita terkait pembanguna­n Tugu Pahlawan.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS WISATA SEJARAH: Dari kanan, wisatawan Ryan Dimas, Andrey Pyzik, Sharfina Nurkhumair­oh, dan Ervina Indirawati menyaksika­n teknologi hologram di Museum 10 Nopember kemarin. Rekaman gambar menampilka­n cerita terkait pembanguna­n Tugu Pahlawan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia