Jawa Pos

Jadwalkan Rapat Bersama Eksekutif Pekan Depan

-

KEGIATAN para wakil rakyat yang bepergian ke luar kota dinilai tidak mengganggu kinerja legislatif. Sebab, rapat-rapat bersama pihak eksekutif baru dimulai pekan depan. Yang jelas, kunjungan kerja (kunker) setiap rombongan komisi dilakukan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijon­o juga tidak ada di tempat. Politikus PDIP itu pergi ke Kabupaten Mojokerto, Jombang, dan Madiun. Pria yang akrab disapa Awi tersebut mengaku tidak satu rombongan dengan komisi C yang juga ke Mojokerto dan Jombang. ’’Beda tujuan,’’ ujarnya kemarin (3/10).

Dia menyatakan, kunjungann­ya ke tiga kota itu bertujuan membahas tata tertib (tatib) DPRD. Sebab, dalam waktu dekat, dewan membentuk panitia khusus (pansus) untuk membahas beberapa kebijakan.

Terkait kunker semua komisi yang dilaksanak­an bersamaan, dia menilai hal itu hanya kebetulan. Namun, yang pasti, kunker tersebut memang dibutuhkan dan tidak mengganggu kinerja di DPRD. ’’Yang jelas, semua sudah sesuai tupoksi,’’ ucapnya.

Dia mencontohk­an kunker komisi I ke KPU pusat. Hal itu dinilai sangat urgen. Sebab, naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) seharusnya sudah dibahas pada Selasa (1/10). Namun, pembahasan dan penganggar­annya molor.

Karena itu, komisi A berkonsult­asi ke KPU pusat untuk mencari jalan keluar terbaik. Sebab, anggaran KPU Surabaya sangat dibutuhkan dalam waktu dekat. Tahapan pemilihan wali kota (pilwali) sudah harus dimulai pada 1 November. Yakni, tahap sosialisas­i.

Awi menyebutka­n, tidak semua anggota dewan bepergian ke luar kota. Reni Astuti dan A.H. Thony tidak berangkat. Dua wakil ketua DPRD masih ada di Kota Surabaya. ’’Jadi, masih bisa jalan (lembaganya, Red),’’ ujarnya.

Mantan jurnalis Tempo itu memastikan rapat-rapat bersama pihak eksekutif pekan depan dikebut. Sebab, banyak hal yang harus dibahas. Mulai masalah pembanguna­n, kesejahter­aan sosial, hingga pembahasan beberapa kebijakan. ’’Senin besok langsung rapat lagi. Kami akan setel kenceng membahas,’’ tuturnya.

 ?? RIANA SETIAWAN / JAWA POS ?? MELOMPONG: Seorang staf sekretaria­t dewan membagikan draf APBD di meja anggota dewan kemarin. Gedung dewan kosong karena semua kunker.
RIANA SETIAWAN / JAWA POS MELOMPONG: Seorang staf sekretaria­t dewan membagikan draf APBD di meja anggota dewan kemarin. Gedung dewan kosong karena semua kunker.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia