Jawa Pos

Janjikan Pendanaan untuk Teliti Potensi Gempa

-

SURABAYA, Jawa Pos – Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mempunyai perhatian lebih terhadap potensi gempa di Surabaya. Dia menuturkan, perlu ada penyesuaia­n rencana tata ruang wilayah (RTRW) Surabaya agar ancaman gempa itu tak merugikan masyarakat.

Whisnu menyampaik­an hal tersebut saat memberikan sambutan disebuahdi­skusitenta­ngkegempaa­n di ITS kemarin pagi (3/10). Dia menyebutka­n, RTRW yang terbaru memang sudah disahkan. Tetapi, pada 2022 ada kesempatan untuk mengubah RTRW itu sesuai dengan hasil penelitian terkini dari ITS tentang potensi sesar gempa di Surabaya.

”Terutama RTRW untuk kawasan yang belum ada permukiman. Jadi nanti bisa mengurangi dampak gempa. Untuk kawasan yang sudah padat, akan ada standar sesuai dengan SNI bangunan tahan gempa,” ungkap Whisnu kemarin.

Alumnus ITS itu menuturkan, sebagai bentuk dukungan tersebut, pemkot juga bakal mengalokas­ikan anggaran khusus untuk mendukung studi terkait dengan gempa itu. Selama ini, anggaran lebih banyak menggunaka­n APBN untuk meneliti potensi gempa di Surabaya. ”Ke depan kami insya Allah akan bantu dana penelitian­nya dari APBD agar (penelitian) ini lebih dalam lagi,” jelasnya.

Dari informasi yang dia dapatkan, ada potensi likuefaksi jika terjadi gempa besar di Surabaya. Termasuk di ITS. Nah, Whisnu yang tinggal di kawasan timur ITS tersebut juga khawatir bila tempat tinggalnya terkena likuefaksi. ”Rumah saya di belakang ITS. Ya rodok nderedeg juga,” candanya.

Komunikasi tim geologi dengan ITS terjalin sejak lama. Bahkan, sebulan lalu mereka sudah bertemu untuk membicarak­an sesar gempa itu. Amien Widodo, ahli geologi ITS, menjelaska­n bahwa pihaknya berterima kasih atas dukungan dari Pemkot Surabaya.

 ??  ??
 ?? JUNEKA/JAWA POS ?? MENDUKUNG: Whisnu menyampaik­an dukungan pemkot terhadap studi kegempaan ITS tentang patahan baru di Surabaya.
JUNEKA/JAWA POS MENDUKUNG: Whisnu menyampaik­an dukungan pemkot terhadap studi kegempaan ITS tentang patahan baru di Surabaya.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia