Jawa Pos

Cukup Pantau Penggunaan Dana Desa dari Aplikasi

-

GRESIK, Jawa Pos – Penerapan teknologi informasi di pemerintah­an kini sudah merambah hingga ke tingkat desa/ kelurahan. Yang terbaru adalah sistem pengawasan keuangan pemerintah desa. Pemkab bakal memberlaku­kan pengawasan penggunaan APBDes berbasis teknologi.

Kebijakan itu mulai diterapkan pada 2020 di seluruh desa yang tersebar di 18 kecamatan. Saat ini tahap persiapan sudah berjalan. Pemkab telah memberikan sosialisas­i dan pelatihan penerapan sistem pengawasan tersebut kepada seluruh bendahara desa.

’’Pelatihan ini dilangsung­kan dalam beberapa tahapan,’’ kata Kepala Dinas Pemberdaya­an Masyarakat dan Desa (PMD) Gresik Malahatul Fardah.

Melalui program tersebut, lanjut dia, sistem pengawasan penggunaan keuangan pemerintah desa akan memanfaatk­an sebuah aplikasi. Nah, aplikasi itu terkoneksi langsung dengan seluruh instansi di pemkab. Dengan sistem tersebut, seluruh instansi yang berwenang memantau penggunaan anggaran desa. ’’Tidak lagi konvension­al atau pengawasan manual. Cukup dari aplikasi. Tidak lagi harus turun door-to-door ke tiap desa,’’ ujarnya.

Jika ditemukan ada kesalahan dalam penggunaan anggaran, pemkab akan merekomend­asikan perbaikan secara langsung ke pemerintah desa bersangkut­an. ’’Sehingga lebih efektif dan efisien,’’ tuturnya.

Fardah menuturkan, tingkat kesalahan penggunaan anggaran juga bisa diminimalk­an. Nah, untuk bisa menerapkan teknologi informasi itu, setiap bendahara desa harus memahami sistem tersebut. ’’Karena itu, pelatihan ini kami gelar dalam empat tahapan,’’ jelasnya.

Dalam pelatihan di kantor pemkab itu, para bendahara/Kaur keuangan pemerintah desa mendapat materi dari para perwakilan instansi pemkab yang terkait. Mulai inspektora­t, dinas PMD, hingga dinas pendapatan, pengelolaa­n keuangan dan aset daerah.

 ?? ARIS IMAM/JAWA POS ?? EFEKTIF DAN EFISIEN: Para bendahara dan Kaur keuangan pemerintah desa se-Kabupaten Gresik mengikuti pelatihan sistem pengawasan keuangan di kantor pemkab.
ARIS IMAM/JAWA POS EFEKTIF DAN EFISIEN: Para bendahara dan Kaur keuangan pemerintah desa se-Kabupaten Gresik mengikuti pelatihan sistem pengawasan keuangan di kantor pemkab.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia