Jawa Pos

Luncurkan 3 Kapal Cepat Nirawak Terbaru

-

SURABAYA, Jawa Pos – Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menciptaka­n kapal robot. Tiga kapal cepat tak berawak versi terbaru tersebut diluncurka­n di Danau Delapan ITS kemarin (3/10). Kali ini kapal didesain lebih cepat dan stabil.

Dalam peluncuran tiga kapal terbarunya, tim Barunastra juga melakukan simulasi. Persiapan tersebut sekaligus melepas tim Barunastra untuk maju di ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019 pada 10–13 Oktober di Malang.

Tahun ini tim Barunastra akan memboyong tiga kapalnya untuk tiga kategori berbeda. Yakni, kapal Nala Evo Mark IV di kategori Autonomous Surface Vehicle (ASV), Baracuda Q-Mark Van-Tech di kategori Electric Remote Control (ERC), dan kapal Arnesh di kategori Fuel Engine Remote Control (FERC).

Ketua Tim Barunastra ITS Khairudin Nawawi mengatakan, mereka membutuhka­n waktu sekitar tiga bulan untuk persiapan lomba tersebut. Evaluasi pun telah dilakukan dari pengalaman kapal-kapal terdahulu. ”Evaluasi dari segi desain, manufaktur, maupun program di dalamnya,” katanya.

Pria yang akrab disapa Rudin itu menuturkan, selain melakukan perbaikan, timnya berlatih simulasi agar hasilnya lebih maksimal. ”Uji coba simulasi dilakukan hampir setiap hari menjelang lomba berlangsun­g,” ujarnya.

Berbagai persiapan telah dilakukan dengan matang. Mulai tahap analisis misi hingga penyusunan langkah kerja, baik dari divisi mekanik maupun electropro­gramming. Begitu juga perancanga­n desain kapal hingga sistem elektronik.

”Setiap tahun tantangan yang dihadapi selalu berbeda. Karena itu, jenis kapal yang digunakan juga berbeda dari sebelumnya. Kami sesuaikan dengan medan yang akan dihadapi,” ujarnya.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? SIMULASI: Dua anggota tim Barunastra menguji kapal Nala Evo Mark IV di Danau Delapan ITS kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS SIMULASI: Dua anggota tim Barunastra menguji kapal Nala Evo Mark IV di Danau Delapan ITS kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia