Jawa Pos

Pekan Depan, Jembatan Klakahrejo Dibongkar

Seiring Proyek Box Culvert Sememi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengerjaan box culvert Sememi terus dikebut. Minggu depan warga yang hendak menuju Kelurahan Bringin dengan melintasi Jembatan Klakahrejo diminta untuk memilih jalur lain. Sebab, jembatan di depan RSU Bunda Surabaya itu akan dibongkar.

Pembongkar­an tersebut dilakukan untuk melanjutka­n pengerjaan box culvert yang sudah berjalan beberapa bulan lalu. Saat ini pengerukan area box

culvert sudah mencapai sekitar jembatan tersebut. ”Mungkin pertengaha­n minggu depan dibongkar,” ucap Riski Sugianto, pelaksana pengerjaan box culvert Sememi sisi barat dari PT Media Cipta Perkasa, kemarin sore.

Menurut Riski, jadwal pembongkar­an jembatan lebih cepat dari rencana awal. Seharusnya, jembatan itu dibongkar pada minggu ketiga bulan ini. Tetapi karena pengerjaan harus dikebut, mungkin Jumat (11/10) pembongkar­an dimulai.

Hal itu mempertimb­angkan musim hujan yang segera datang. Sebisanya pengerjaan harus dioptimalk­an. Saat turun hujan, pemasangan box culvert sering kali terhenti lantaran adanya genangan air di lubang yang sudah digali.

Selain itu, mereka mengejar target rampung pada 2020. ”Dari total panjang 1,5 kilometer box culvert yang harus dipasang, saat ini sudah terpasang 700 meter,” katanya. Nah, untuk rencana pembongkar­an pekan depan, pihaknya berkoordin­asi dengan pihak terkait. Termasuk kepolisian. Mereka juga menghubung­i Brimob. Sebab, jembatan tersebut dekat dengan markas Satuan Brigadir Mobil Polda Jatim Detasemen A Pelopor Subden 2.

Sosialisas­i juga sudah dilakukan dengan RT/RW setempat. Mereka juga akan memasang banner terkait pembongkar­an jembatan tersebut. ”Nanti kami pasang di sekitar Kandangan hingga Sememi,” terangnya. Nanti ketika dibongkar, warga bisa lewat Bringin–Alas Malang untuk menuju Sememi.

Pengguna jalan juga bisa melintasi Tengger Raya dan keluar melalui Jalan Raya Banjar Sugihan II untuk menghindar­i jembatan itu. ”Semoga nanti berjalan lancar sampai box culvert selesai di titik terakhir,” jelasnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? KEBUT: Proyek box culvert di Sememi memasuki kawasan Jembatan Klakahrejo. Dalam waktu dekat, jembatan dibongkar.
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS KEBUT: Proyek box culvert di Sememi memasuki kawasan Jembatan Klakahrejo. Dalam waktu dekat, jembatan dibongkar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia