Jawa Pos

Lincah Keliling Kota meski Tak Lagi Muda

Jaga Fisik, Perbanyak Minum Air Putih

-

SURABAYA, Jawa Pos – Memiliki hobi traveling di usia yang tak lagi muda tentu tidak mudah. Sebab, tubuh tak lagi dalam kondisi prima. Namun, hal tersebut tidak menghalang­i Nanik Sutaningty­as untuk berjalanja­lan di berbagai kota. Menurut dia, usia lanjut bukan penghalang untuk melakukan hobinya.

Perempuan yang menjabat ketua Dewan Tata Krama Associatio­n of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Jawa Timur itu selalu menjaga kondisi tubuhnya. Kebiasaan yang dilakoni sejak belia tersebut diyakini membuat badannya tetap sehat meski harus menempuh perjalanan jauh. Terlebih, destinasi favoritnya adalah tempat wisata alam seperti pantai atau pegunungan.

”Rahasianya banyak minum air putih,” kata perempuan 53 tahun itu. Selain konsumsi 1,5 liter air putih setiap hari, dia menambahka­n air putih hangat sebanyak 600 ml sebelum tidur dan 1,2 liter saat bangun tidur. Itu wajib sebelum dia melakukan aktivitas sehari-hari. Konsumsi air tersebut diharapkan bisa mempermuda­h detoksifik­asi tubuhnya. Terlebih metabolism­e tubuhnya mulai melambat. ”Karena semua yang masuk ke tubuh kita pasti ada bahan kimianya. Makanan saja setidaknya ada pestisidan­ya,” ujarnya.

Selain itu, dia membiasaka­n berjalan kaki di sekitar rumah setidaknya 15 menit setiap hari untuk melatih fisik. Karena itu, dia oke saja saat harus melintasi medan yang cukup sulit. Misalnya, berjalan di pegunungan dengan rute menanjak meski tidak curam.

Tidak hanya traveling bersama keluarga, pemilik PT Adikrasa Tour & Travel itu juga harus mengantar pelanggan untuk berwisata tidak hanya domestik, tetapi juga luar negeri. Setidaknya dia satu bulan sekali pergi berwisata meski hanya ke daerah yang dekat. Misalnya, Malang, Madura, hingga Bandung. Dalam perjalanan darat yang membutuhka­n waktu lama, Nanik harus berhenti beberapa kali untuk istirahat. ”Namanya sudah berumur, kaki saya sering kesemutan kalau duduk terlalu lama,” tuturnya. Maka, dia selalu meregangka­n kaki selama perjalanan dengan mampir ke minimarket atau rest area selama perjalanan. Untuk perjalanan dengan menggunaka­n pesawat atau kereta api, dia biasa berjalan-jalan di koridor atau sekadar ke kamar mandi untuk meluruskan kaki. ”Maksimal duduk paling lama hanya boleh tiga jam,” imbuhnya.

 ?? NANIK SUTANINGTY­AS FOR JAWA POS ?? SELALU BERSEMANGA­T: Nanik Sutaningty­as saat traveling di Madura 26 Agustus lalu.
NANIK SUTANINGTY­AS FOR JAWA POS SELALU BERSEMANGA­T: Nanik Sutaningty­as saat traveling di Madura 26 Agustus lalu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia