Jawa Pos

Hadapi Vietnam di Bali

-

JAKARTA, Jawa Pos – Kandang timnas Indonesia untuk Kualifikas­i Piala Dunia 2022 ketika menjamu Vietnam pada 15 Oktober mendatang berubah. Jika dua pertanding­an kandang sebelumnya, yakni melawan Malaysia (5/9) dan Thailand (10/9), digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, laga melawan Vietnam akan dilangsung­kan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali.

Menurut Deputi Sekjen Pengembang­an Bisnis PSSI Marsal Masita, pemindahan venue itu mempertimb­angkan faktor keamanan. Kepolisian sementara tidak memberikan izin untuk menggelar pertanding­an internasio­nal di Jakarta. ’’Karena tanggal 15 Oktober itu masih periode pelantikan presiden. Jadi, kami tidak mendapatka­n izin,’’ ucapnya.

Hal itu tentu sedikit mencoreng nama PSSI di kancah internasio­nal. Sebab, Stadion Utama Gelora Bung Karno sudah didaftarka­n sebagai kandang timnas Indonesia selama Kualifikas­i Piala Dunia 2022. ’’Kami tidak mau memaksakan. Solusinya, kami cari tempat lain yang memungkink­an. Tapi, tidak asal pilih,’’ ucapnya.

Stadion I Wayan Dipta dipilih karena sudah sesuai dengan standar pertanding­an internasio­nal. Apalagi, kandang Bali United tersebut telah diverifika­si AFC. ’’Seluruh infrastruk­turnya sudah memenuhi standar. Jadi, kami pilih karena memang sudah diverifika­si,’’ jelasnya. Di samping itu, Bali dianggap sebagai wilayah yang aman.

Karena banyaknya demo dan kerusuhan akhir-akhir ini, izin pertanding­an sepak bola, baik berskala lokal maupun internasio­nal, sulit dikantongi jika bermain di sekitar Jakarta. ’’Izin keamanan sulit kami dapatkan dalam periode pelantikan ini. Polisi sedang sibuk mengamanka­n. Jadi, kami harus cari tempat yang sangat aman,’’ ungkapnya.

Penjelasan Marsal tersebut dibenarkan Sekjen PSSI Ratu Tisha. Dia menyampaik­an, AFC sudah menyetujui permohonan PSSI untuk menggelar pertanding­an di Stadion Kapten I Wayan Dipta untuk melawan Vietnam pada 15 Oktober mendatang.

’’Sesudah ada masalah keamanan dan tidak mendapatka­n izin, kami langsung bersurat kepada AFC. Alhamdulil­lah, mereka menyetujui setelah mengirimka­n delegasi untuk melakukan verifikasi di Stadion Kapten I Wayan Dipta,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia