Jawa Pos

7 Warga Singapura Lolos Kebakaran Gunung Raung

Kelelahan dan Alami Lecet Kaki

-

BANYUWANGI, Jawa Pos – Perjalanan rombongan itu terhenti sejenak di pos 2. Ada titik api yang tidak mungkin dilintasi.

”Tim kemudian mencari jalur alternatif,” tutur Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB (Badan Nasional Penanggula­ngan Bencana) Agus Wibowo.

Tim yang dimaksud adalah tim penyelamat gabungan. Bersama mereka adalah 13 pendaki yang sempat berjam-jam terjebak kebakaran Gunung Raung. Wilayah gunung tersebut berada di tiga wilayah kabupaten di Jawa Timur: Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember

J

Dilaporkan Jawa Pos Radar Banyuwangi, kebakaran yang berlangsun­g sejak Jumat siang (4/10) itu terjadi di jalur pendakian yang masuk wilayah Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. Sebelum kemudian juga merembet ke wilayah Jember.

Tiga belas orang itu terdiri atas 7 pendaki asal Singapura, 2 pendaki lokal, 2 porter, dan 2 pemandu. Menurut Kapolsek Kalibaru AKP Abdul Jabbar, belasan pendaki itu melalui perjalanan dari jalur di Dusun Wonorejo, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi, pada Kamis malam (3/10).

Adapun tim gabungan yang ditugasi mengevakua­si mereka terdiri atas personel BPBD (badan penanggula­ngan bencana daerah), Basarnas, TNI, dan Polri. Tim tersebut berangkat kemarin sekitar pukul 02.00.

Tim tersebut akhirnya bertemu dengan rombongan pendaki itu di camp 9. Kondisi mereka sudah kepayahan ketika ditemukan.

”Beberapa pendaki juga mengalami luka lecet di kaki,” kata Koordinato­r Pos Siaga SAR Banyuwangi Rizky Putra Buana kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi.

Sebelum memulai proses evakuasi sekitar pukul 04.00, kondisi kesehatan 13 pendaki tersebut dicek. Ketika rombongan akhirnya mulai bergerak, angin yang berembus kencang turut menjadi kendala. ”Di beberapa titik pendakian masih ada api,” ungkap Koordinato­r Pos SAR Jember Asnawi Suroso.

Akhirnya, setelah berjalan sekitar 5 jam, para pendaki dapat dievakuasi ke pos awal kemarin pukul 09.10. Sesampai mereka di sana, tim kesehatan dari puskesmas setempat melakukan pemeriksaa­n.

Kondisi seluruh pendaki dinyatakan baik. Hanya dua pendaki yang luka ringan. Tapi, tak perlu rujukan lanjutan sehingga bisa langsung pulang.

 ?? YOHANES BUDI CAHYONO FOR RADAR BANYUWANGI ?? DILALAP API: Kobaran api di lereng Gunung Raung dari persawahan Desa Salamrejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Jumat malam (4/10).
YOHANES BUDI CAHYONO FOR RADAR BANYUWANGI DILALAP API: Kobaran api di lereng Gunung Raung dari persawahan Desa Salamrejo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi, Jumat malam (4/10).
 ?? KRIDA HERBAYU/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? TERJEBAK BERJAM-JAM: Tujuh warga Singapura di Desa Wonorejo, Banyuwangi, kemarin. Malam sebelumnya mereka terjebak kebakaran hutan di Gunung Raung.
KRIDA HERBAYU/JAWA POS RADAR BANYUWANGI TERJEBAK BERJAM-JAM: Tujuh warga Singapura di Desa Wonorejo, Banyuwangi, kemarin. Malam sebelumnya mereka terjebak kebakaran hutan di Gunung Raung.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia