Jawa Pos

HASIL KEMARIN

-

GANDA PUTRA

7-Ou Xuan Yi/Zhang Nan (Tiongkok) vs 3-Akira Koga/Taichi Saito (Jepang)

TUNGGAL PUTRA

8-Sun Fei Xiang (Tiongkok) vs 5-Tanongsak Saensomboo­nsuk (Thailand)

GANDA CAMPURAN

8-Guo Xin Wa/Zhang Shu Xian (Tiongkok) vs 5-Adnan Maulana/Michelle C. Bandaso

TUNGGAL PUTRI

Porntip Buranapras­ertsuk (Thailand) vs 8-Wang Zhi Yi (Tiongkok)

GANDA PUTRI

4-Della D. Haris/Rizki A. Pradipta vs

Siti F. S. Ramadhanti/ Ribka Sugiarto

MALANG, Jawa Pos – Indonesia memastikan satu gelar juara pada Indonesia Masters 2019 super 100. Dua ganda putri pelatnas menciptaka­n all Indonesian final. Mereka adalah Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta serta Siti Fadia Silva Ramadhani/Ribka Sugiarto. Keduanya bentrok di GOR Ken Arok, Malang, sore ini.

Della/Rizki lebih dulu menggengga­m tiket final. Unggulan keempat tersebut menumbangk­an pasangan Tiongkok Huang Jia/Zhang Shuxian 21-12, 2321 dalam tempo 34 menit. Pertanding­an itu adalah ulangan final Vietnam Open 15 September lalu. Pada turnamen yang juga berlevel super 100 tersebut, Della/Rizki juga menang straight game 21-18, 21-17.

”Perbedaann­ya dengan Vietnam, di sini bolanya kenceng banget. Jadi memang harus nyepetin permainan. Fokusnya juga harus bagus. Kalau hilang sedikit saja, kami bakal keteteran,” papar Della setelah pertanding­an.

Fadia/Ribka, di sisi lain, tampil luar biasa saat mengalahka­n ganda Jepang Nami Matsuyama/Chiharu Shida dengan skor 22-20, 21-14. Ganda putri peringkat ke-92 dunia itu bermain sangat cepat, agresif, berani, dan konsisten mengusung mindset menyerang. Mereka tidak memberi pemain lawan kesempatan bernapas untuk berkembang.

Fadia dan Ribka sebetulnya punya tipikal yang sama, yakni sebagai playmaker.

Namun, justru di sanalah terletak keunggulan mereka. Ribka maupun Fadia mampu melakukan rotasi dengan baik dan bisa saling mengisi. Jika Ribka bermain di depan, Fadia melakukan cover lapangan yang baik di belakang. Begitu juga sebaliknya.

Kelebihan lain keduanya adalah smes yang kencang. Terutama Fadia yang kerap mengeluark­an jurus-jurus jumping smash

bertenaga dari belakang.

”Kami memang lebih banyak menyerang agar tidak diserang lawan,” kata Ribka. ”Kami terus no lob saja. Karena samasama pemain depan, yang penting itu adalah komunikasi­nya. Ketika antisipasi bola, kami akan saling nutupin satu dengan yang lain,” imbuhnya.

Bagi Fadia/Ribka, ini adalah final BWF World Tour pertama mereka. Dua pemain asal PB Djarum tersebut ditandemka­n sejak tiga bulan lalu. Mereka turun untuk kali pertama pada Russian Open. Ketika itu mereka mencapai semifinal. Mereka lantas membuat kejutan dengan lolos ke semifinal Chinese Taipei Open.

Bakal berhadapan dengan seniornya di pelatnas, Della/Rizki, Ribka mengatakan bahwa kedua pasangan sudah sama-sama tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing. ”Main all-out

saja,” tegas Ribka.

GANDA PUTRI

7-Huang Jia/Zhang Shu Xian (Tiongkok) vs 4-Della D. Haris/Rizki A. Pradipta 12-21, 21-23

3-Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang) vs Siti Fadia S. Ramadhanti/Ribka Sugiarto 20-22, 14-21

GANDA PUTRA

3-Akira Koga/Taichi Saito (Jepang) vs 2-Berry Angriawan/Hardianto 21-17, 21-16

6-Huang Kai Xiang/Liu Cheng (Tiongkok) vs 7-Ou Xuan Yi/Zhang Nan (Tiongkok) 21-13, 21-10, 21-18

TUNGGAL PUTRA

5-Tanongsak Saensomboo­nsuk (Thailand) vs Vicky Angga Saputra 21-17, 15-21, 21-17

GANDA CAMPURAN

8-Guo Xin Wa/Zhang Shu Xian (Tiongkok) vs 6-Rehan N. Kusharjant­o/Lisa Kusumawati

21-18, 21-17

5-Adnan Maulana/Mychelle C. Bandaso vs

Alfian Eko Prasetya/Angelica Wiratama

20-22, 21-16, 21-12

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? INCAR GELAR: Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta bakal menghadapi juniornya, Siti Fadia Silva Ramadhanti/ Ribka, di final hari ini.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS INCAR GELAR: Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta bakal menghadapi juniornya, Siti Fadia Silva Ramadhanti/ Ribka, di final hari ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia