Jawa Pos

Kesejahter­aan Prajurit Naik, Alutsista Bakal Ditambah

-

JAKARTA, Jawa Pos – Penguatan sistem pertahanan nasional menjadi salah satu agenda Presiden Joko Widodo pada periode kedua pemerintah­annya. Jumlah alat utama sistem pertahanan (alutsista) ditambah untuk memenuhi target kekuatan pokok minimum (minimum essential forces) tahap II.

Jokowi menyatakan komitmen tersebut saat peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Pangkalan Udara Halim Perdanakus­uma, Jakarta, kemarin (5/10). Sebagai bentuk konkret, alokasi anggaran pertahanan tahun depan dinaikkan. ”Tahun 2019 sebesar Rp 121 triliun akan dinaikkanm­enjadilebi­hdariRp131 triliun di tahun 2020,” ujarnya.

Kemudian, pangkalan militer terpadu akan dibangun di empat lokasi. Yakni, Biak, Morotai, Merauke, dan Saumlaki. Pangkalan tersebut akan melengkapi sistem pertahanan serupa yang sudah dibangun di Natuna akhir 2018.

Di sektor satuan tempur, pada 2019 pemerintah sudah membentuk Komando Operasi Khusus (Koopsus) yang akan mendukung penanganan terorisme. Juga, satuan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilha­n) yang ditempatka­n di Tanjung Pinang, Balikpapan, dan Biak. ”Kehadiran Kogabwilha­n akan meningkatk­an kesiapsiag­aan dalam penanganan krisis dan meningkatk­an daya gentar kita,” katanya.

Untuk sektor sumber daya manusia, pemerintah akan meningkatk­an kesejahter­aan dan fasilitas prajurit TNI. Mulai peningkata­n tunjangan kinerja TNI sebesar 80 persen hingga penyediaan fasilitas kredit rumah terjangkau. ”Serta meningkatk­an kualitas pendidikan dan latihan prajurit TNI untuk mendukung profesiona­lisme prajurit,” katanya.

Penguatan sistem pertahanan dibutuhkan Indonesia untuk mendukung cita-cita menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. ”Belanja pertahanan kita arahkan menjadi investasi pertahanan,” jelasnya.

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? PASUKAN PERTAHANAN NASIONAL: Prajurit TNI unjuk kepiawaian bertarung saat peringatan HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakus­uma, Jakarta, kemarin (5/10).
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS PASUKAN PERTAHANAN NASIONAL: Prajurit TNI unjuk kepiawaian bertarung saat peringatan HUT Ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakus­uma, Jakarta, kemarin (5/10).
 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? AKROBATIK: Pesawat tempur TNI keluarkan suar saat bermanuver.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS AKROBATIK: Pesawat tempur TNI keluarkan suar saat bermanuver.
 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? INSPEKTUR UPACARA: Presiden Jokowi inspeksi pasukan.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS INSPEKTUR UPACARA: Presiden Jokowi inspeksi pasukan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia