Jawa Pos

Verifikasi Pantau Konsumsi Rumah Tangga

Langkah Pemkot setelah Banyak Kartu PBI Nonaktif

-

Kepala Bagian Kesra Pemkot Surabaya

SURABAYA, Jawa Pos – Persoalan penonaktif­an warga dari kepesertaa­n program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-kartu Indonesia sehat (KIS) kategori penerima bantuan iuran (PBI) sedikit demi sedikit terkuak. Pemkot memastikan bahwa saat ini pihaknya sedang memverifik­asi data masyarakat berpenghas­ilan rendah (MBR). Total data yang mereka terima pada 2018 sekitar 799.540 jiwa. Verifikasi tersebut telah berjalan dan sudah lebih dari separo yang telah terverifik­asi. Diduga, karena telah dianggap sejahtera, orang tersebut tidak lagi masuk ke data MBR. Karena itulah, kepesertaa­n JKN-KIS-nya dinonaktif­kan.

Di Pemkot Surabaya, verifikasi tersebut dilakukan petugas khusus yang berada di bawah koordinasi dinas sosial. Mereka mengirimka­n petugas untuk mendata warga yang sebelumnya masuk kategori MBR tersebut. Ada kuesioner yang harus dijawab orang itu hingga pada akhirnya bisa disimpulka­n orang tersebut masih MBR atau sudah mampu

JVerifikas­i MBR dilakukan petugas khusus. Pendataan menggunaka­n kuesioner khusus. Data dari lapangan divalidasi terlebih dahulu. Misalnya, mengecek dokumen kartu keluarga. Termasuk berkoordin­asi dengan dinas kependuduk­an dan pencatatan sipil untuk memastikan data akurat. Data MBR yang telah terverifik­asi dan tervalidas­i dimasukkan ke sistem yang dimanfaatk­an dinas terkait untuk melakukan intervensi atau tidak. Pendataan MBR oleh dinas sosial hanya untuk Pemkot Surabaya. Data MBR yang diverifika­si sebanyak 799.540.

Kepala Seksi Perencanaa­n dan Pendataan Dinsos Surabaya Eli Khusna mengungkap­kan, menentukan seseorang masih MBR atau sudah mampu itu juga tidak mudah. Tidak hanya dilihat dari rumah yang ditinggali. Sebab, bisa jadi orang tersebut indekos atau hanya mengontrak. Tidak dapat pula langsung begitu saja dilihat dari penghasila­n. ”Karena harus dilihat juga tingkat konsumsi rumah tangganya. Kuesioner yang kami berikan sampai lima lembar,” ungkap Eli kemarin.

Dia mengungkap­kan, setelah verifikasi itu, akan ada validasi data lapangan. Lantas, dimasukkan ke sistem pendataan yang bisa diakses dinas-dinas lain. Hanya, Eli memastikan bahwa pendataan, verifikasi, dan validasi yang mereka lakukan itu diperuntuk­kan lingkungan pemkot saja. ”Tugas kami hanya di data. Tapi, bentuk intervensi­nya seperti apa ada di dinas lain,” ungkap dia.

Intervensi dalam bidang kesehatan seperti PBI tentu berada di dinas kesehatan. Dari temuan di lapangan, ternyata penonaktif­an peserta JKNKIS kategori PBI tidak hanya yang didanai dari APBN pusat. Tapi, juga dari APBD Pemkot Surabaya. Itu, antara lain, dialami pasien Andreas Sadiman yang menggunaka­n kartu tersebut untuk cuci darah di RSI Jemursari. Lebih lanjut, Eli pun berharap warga bisa lebih proaktif dalam pendataan warga MBR tersebut.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahter­aan Rakyat (Kesra) Pemkot Surabaya Imam Siswandi mengungkap­kan, data masyarakat kurang mampu itu, salah satunya, berasal dari hasil program pemutakhir­an basis data terpadu pada 2016–2017. Saat itu pemkot tidak dilibatkan secara langsung dalam pendataan. ”Kami hanya objek survei itu,” ungkap Imam.

Soal MBR, Imam menyebutka­n, memang ada yang berasal dari APBD. Sebab, pemkot masih mendapati warga tidak mampu yang belum tercakup dalam program JKN-KIS kategori PBI. Bila saat ini ada warga yang dikeluarka­n dari kepesertaa­n JKNKIS PBI tersebut tapi merasa masih kategori kurang mampu, mereka tetap bisa berobat. Caranya, mengurus SKM. ”Kami buka loket di kelurahan untuk pengaduan itu. Biar tidak semuanya ke dinas kesehatan,” ungkap Imam.

Pada prinsipnya, asal warga Surabaya dan benar-benar dari keluarga kurang mampu, orang tersebut akan dibantu pemkot.

Tapi, untuk memasukkan seseorang sebagai peserta PBI yang dibiayai APBD, pemkot juga mempertimb­angkan kondisi keuangan. Sebab, tentu tidak mungkin pula pemkot memaksakan diri bila ternyata dananya sudah tidak ada. ”Kalau diiyani semua, tapi duitnya tidak ada, ya kasihan,” jelas Imam.

Data yang diterima Wakil Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti, ada 563.731 orang yang tercatat sebagai peserta JKN-KIS kategori PBI yang dibiayai APBD. Data tersebut tercatat pada April lalu. Sedangkan yang dibiayai APBN sebanyak 419.310. Reni berharap persoalan penonaktif­an itu tidak merugikan warga. ”Mestinya kalau mau dinonaktif­kan itu ya verifikasi dulu. Jangan sampai persoalan seperti ini terjadi lagi di kemudian hari,” ungkap Reni.

 ?? KARTIKA SARI/JAWA POS ?? BUTUH TAKTIS: Andreas Sadiman ditunggui keluargany­a. Seharusnya jadwal dia cuci darah tidak terhalang persoalan administra­si.
KARTIKA SARI/JAWA POS BUTUH TAKTIS: Andreas Sadiman ditunggui keluargany­a. Seharusnya jadwal dia cuci darah tidak terhalang persoalan administra­si.
 ?? HARIYANTO TENG/JAWA POS ??
HARIYANTO TENG/JAWA POS
 ??  ?? IMAM SISWANDI
IMAM SISWANDI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia