Jawa Pos

Tambah 2 Panic Button di Barat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Keamanan dan kenyamanan warga menjadi prioritas pemkot. Banyak cara untuk mewujudkan­nya. Salah satunya menambah emergency panic button di kawasan Surabaya Barat. Upaya itu bertujuan untuk mempermuda­h warga dalam melapor saat terjadi tindak kejahatan atau peristiwa darurat lainnya.

Penambahan dua panic button di Surabaya Barat dilakukan di dua titik. Yakni, di depan gedung juang Jalan Mayjen Sungkono dan sekitar Sentra Wisata Kuliner (SWK) Wiyung.

Tombol darurat tersebut dipasang sejak Agustus lalu. ’’Ada enam titik. Dua di antaranya di Surabaya Barat,’’ kata Kasi Penyediaan Prasarana Lalu Lintas Dinas Perhubunga­n (Dishub) Prasetyo Prambayant­o kemarin pagi (5/10).

Meski begitu, dua panic button itu hingga kini belum bisa difungsika­n.Prasetyome­nyatakan,sebenarnya semua alat sudah siap dioperasik­an. Hanya, alat tersebut belum bisa terkoneksi langsung denganComm­andCenter(CC)112. Karenaitu,pihaknyasa­atinimasih berkoordin­asidengand­inasterkai­t.

Hal itu memang tidak mudah. Dia menambahka­n, orang yang akan menggunaka­n panic button terlihat langsung di ruangan CC. Sebab, di setiap titik terdapat kamera closed circuit television (CCTV). Fungsinya mengantisi­pasi laporan palsu dari oknum yang tidak bertanggun­g jawab.

Nah, untuk mengoneksi­kan dengan CC 112, panic button harus disambungk­andenganfi­beroptik di sekitarnya. Tahap itulah yang tidakbisad­ilakukande­ngancepat.

Selain itu, kata dia, ada tahap dalam menentukan lokasi pemasangan panic button. Salah satunya harus ada kajian lebih dulu. Kajian tersebut berdasar analisis mengenai lokasi itu rawan tindak kejahatan atau tidak. Karena itu, pihaknya mengganden­g Polrestabe­s Surabaya dan Polres Tanjung Perak.

 ?? ALFIAN RIZAL/JAWA POS ?? BELUM TERKONEKSI: Sebuah mobil sport melintasi lokasi penempatan panic button di Jalan Mayjen Sungkono kemarin.
ALFIAN RIZAL/JAWA POS BELUM TERKONEKSI: Sebuah mobil sport melintasi lokasi penempatan panic button di Jalan Mayjen Sungkono kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia