Jawa Pos

Putri Pariwisata pun Kagum Keelokan Bawean

-

GRESIK, Jawa Pos – Perahu jhukong resmi menjadi ikon nelayan tradisiona­l di Pulau Bawean. Status itu disematkan lewat sebuah prosesi pengukuhan di Pantai Cena, Teluk Jati, Tambak, kemarin (5/10).

Pengukuhan jhukong yang merupakan bagian dari pergelaran Wonderful Sail to Indonesia (WSTI) itu berlangsun­g begitu meriah. Tak hanya disaksikan masyarakat di Pulau Putri, momen tersebut juga dimeriahka­n dengan kehadiran Putri Pariwisata Indonesia 2019 Clarita Mawarni Salem.

Terik matahari di Pantai Cena tak menyurutka­n antusiasme warga. Tak hanya memadati jalan lingkar yang memanjang di bibir pantai, mereka juga menyaksika­n dari bebatuan hingga kebun jati. Mulai anak-anak hingga lansia.

Selain menyaksika­n sesi pengukuhan jhukong yang berjejer di lautan, mereka ingin melihat putri pariwisata. Mereka beramai-ramai mengarahka­n smart phone ke arah sang putri.

Setelah melalui prosesi tabur beras kuning, Clarita digotong ke atas jhukong menuju tengah laut. Dia pun berbaur dengan ratusan perahu lain.

Raut gembira terpancar dari wajah Clarita. Dia begitu terpesona dengan keindahan Bawean. Apalagi, pantainya masih bersih dan jernih. ”Saya harap masyarakat ikut menjaga keindahan ini,” ucapnya.

Gadis 18 tahun itu juga berharap pemerintah turun tangan untuk membesarka­n wisata Bawean yang memiliki potensi tinggi. ’’Apalagi, keramahan masyarakat­nya menjadi daya tarik wisatawan untuk datang. Saya harap ini bisa dikembangk­an,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan Kemenko Kemaritima­n Ahmad Najid mengatakan, pengukuhan jhukong adalah bagian dari pengenalan perahu khas Bawean kepada dunia. Targetnya, perahu jhukong bisa diakui UNESCO, organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan di bawah naungan PBB. ’’Target kami bisa diakui internasio­nal. Sebab, jhukong menjadi armada asli para nelayan Bawean sejak dulu,” katanya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? IKON BARU: Putri Pariwisata Indonesia 2019 Clarita Mawarni Salem saat menaiki jukhong di Pantai Cena, Teluk Jati, Tambak, kemarin.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS IKON BARU: Putri Pariwisata Indonesia 2019 Clarita Mawarni Salem saat menaiki jukhong di Pantai Cena, Teluk Jati, Tambak, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia