Jawa Pos

Pererat Bonding Anak dan Ortu lewat Mewarnai

-

SURABAYA, Jawa Pos – Queenzie Kayana Putri terlihat hati-hati saat menggoresk­an krayon oranye ke kertas bergambar di hadapannya. Sang ibu, Ratih Kumala Sari, beberapa kali mengarahka­n agar tangan bocah 4 tahun itu tak membawa krayon keluar garis. Ratih dan Zizie, sapaan akrab putrinya, tengah mengikuti lomba mewarnai di TK Wachid Hasyim kemarin (5/10).

Selama 20 menit, gambar itu sudah berubah warna. Dari semula hitam-putih menjadi warna-warni. ’’Ini memang baru pertama kami ikuti secara bersama. Senang sekali rasanya,” ucap Ratih sembari merapikan pewarnaan Zizie. Dia mengatakan, kegiatan tersebut bisa meningkatk­an hubungan emosional antara anak dan orang tua. Ratih berharap kegiatan semacam itu bisa terus dilakukan.

’’Sebagai penyelengg­ara, kami juga senang. Soalnya mereka bukan satu-satunya peserta. Ada 99 peserta lain dari PAUD se-Kecamatan Kenjeran. Ini menandakan mereka sangat antusias,” tutur Kepala TK Wachid Hasyim Sulicah. Dia menjelaska­n, acara itu dilangsung­kan dalam rangka menyambut HUT Ke-53 Taman Pendidikan Wachid Hasyim.

Selain diselengga­rakan di TK, kegiatan serupa diadakan SD Wachid Hasyim (Plus). Ada 100 peserta TK se-Kecamatan Kenjeran yang turut serta. ’’Bedanya, kalau lomba di SD, anak-anak sudah bisa dilepas. Untuk PAUD, harus didampingi,” ujarnya.

Sulicah menerangka­n, kegiatan tersebut diadakan setiap tahun. Tema yang diusung selalu sama. Namun, metode lombanya berbeda-beda. ’’Sesuai dengan permasalah­an yang lagi tren,” kata Sulicah.

Hari-hari ini, kata dia, banyak orang tua dan anak yang tidak saling dekat. ’’Misalnya, ayah atau ibu sering pulang malam. Anak diasuh pembantu. Atau berjalan-jalan, tapi orang tua sibuk dengan ponselnya. Ini bisa memengaruh­i psikologi anak ke depan,” ujar perempuan asal Kenjeran tersebut. Minimal, orang tua harus peduli dengan yang dilakukan anak. ’’Salah satunya dengan ikut dalam kegiatan semacam ini,” ungkapnya.

 ??  ??
 ?? AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS ?? AGAR AKRAB: Ratih Kumala Sari mendamping­i Zizie di TK Wachid Hasyim kemarin.
AHMAD KHUSAINI/ JAWA POS AGAR AKRAB: Ratih Kumala Sari mendamping­i Zizie di TK Wachid Hasyim kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia