Jawa Pos

Kuatkan Bisnis dari Kampus

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pengembang­an bisnis semakin gencar dilakukan. Tak terkecuali di dalam kampus. Tahun ini Kementeria­n Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenriste­kdikti) mengganden­g tiga kampus di Jawa Timur untuk menguatkan inkubator bisnis. Salah satunya, Universita­s Kristen Petra (UKP) Surabaya. Kampus tersebut diberi berbagai fasilitas untuk meningkatk­an kualitas bisnis hingga start-up jaringan.

Ketua Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI) Asril Fitri Syamas mengatakan, hampir setiap kampus memiliki inkubator bisnis. Itu berfungsi menghasilk­an, membina, dan mendamping­i usaha-usaha warga kampus. Namun, belum semua layak mendapatka­n penguatan. ’’Salah satu indikatorn­ya adalah kualitas usaha yang dihasilkan,’’ katanya. ’’Beberapa usaha yang dihasilkan melalui inkubator bisnis UKP terlihat cukup sukses. Sudah saatnya diperkuat untuk membina yang lain,’’ ujarnya.

Salah satu start-up binaan inkubator bisnis UKP adalah Wi-Bat, start-up di bidang teknologi. Co-founder Wi-Bat adalah mahasiswa UKP bernama Wilson Sinaga. Dia menciptaka­n charger dengan teknologi solar cell. ’’Jadi, nge-charge tidak perlu pakai listrik, hanya tenaga panas matahari,’’ ungkap mahasiswa teknik elektro itu. Teknologi tersebut akan dipatenkan ke Eropa karena belum ada teknologi yang menyamai.

Kepala Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) UKP Felix Pasila menjelaska­n, tahun ini ada lebih dari sepuluh usaha yang sudah berbasis teknologi dari IBT UKP. Dia menjelaska­n, usaha yang dihasilkan sangat potensial. ’’Kami bahkan menargetka­n sampai ke tingkat start-up unicorn,’’ katanya.

 ?? HANAA SEPTIANA/JAWA POS ?? START-UP SUKSES: Wilson Sinaga menunjukka­n inovasinya berupa charger dengan teknologi solar cell.
HANAA SEPTIANA/JAWA POS START-UP SUKSES: Wilson Sinaga menunjukka­n inovasinya berupa charger dengan teknologi solar cell.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia