Jawa Pos

Solusi Berbagi dari Jogi

-

SENGKETA posisi kiper nomor satu timnas Jerman antara Manuel Neuer dan MarcAndre ter Stegen meruncing dalam kualifikas­i Euro 2020 bulan lalu. Ter Stegen mengomplai­n pilihan der trainer Joachim Loew yang selalu menurunkan Neuer meski kiper Bayern Muenchen itu tidak dalam performa konsisten. Bayern lalu merespons dengan mengancam tak mau loyal lagi mengizinka­n pemainnya dipanggil ke skuad Die Mannschaft.

Persoalan serupa muncul jelang dua laga Jerman sepekan ke depan. Tiap-tiap uji coba menghadapi Argentina di Signal Iduna Park (10/10) dan lanjutan kualifikas­i Euro 2020 di kandang Estonia (14/10).

Loew pun memiliki solusi untuk meredam ketegangan antara Neuer dan Stegen. Pelatih yang akrab disapa Jogi itu memberikan jatah bermain untuk masing-masing. Ter Stegen turun melawan Argentina, sementara Neuer yang juga kapten Die Mannschaft bermain kontra Estonia. ’’Sisi baiknya, kami senang memiliki dua kiper berkualita­s,’’ ucap pelatih berusia 59 tahun tersebut seperti dilansir Bild.

Meski berbagi, Jogi menyebutka­n, Neuer masih berstatus kiper nomor satu. ’’Tapi, tetap dalam pengawasan sebagaiman­a pemain lainnya,’’ lanjutnya.

Secara performa, sejak musim lalu, Neuer lebih baik ketimbang Ter Stegen. Neuer mencatat 29 clean sheet atau empat lebih banyak ketimbang Ter Stegen. Hanya, jumlah laga Ter Stegen lebih banyak (58-49).

Untuk fisik, Ter Stegen lebih prima. Kiper 27 tahun itu jarang menderita cedera dalam waktu lama. Selama berkostum Barca, durasi terlama pemilik 22 caps tersebut cedera adalah 34 hari (cedera lutut). Bandingkan dengan Neuer yang sempat menepi 359 hari sepanjang musim lalu.

 ?? TOBIAS SCHWARZ/AFP ?? BERDAMAI SEJENAK: Manuel Neuer (kanan) dan MarcAndre ter Stegen terlibat persaingan sebagai kiper nomor satu timnas Jerman.
TOBIAS SCHWARZ/AFP BERDAMAI SEJENAK: Manuel Neuer (kanan) dan MarcAndre ter Stegen terlibat persaingan sebagai kiper nomor satu timnas Jerman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia