Jawa Pos

Tim Tamu Datang Lebih Cepat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Borneo FC berlama-lama menikmati liburan. Tim berjuluk Pesut Etam itu terbang ke Surabaya hari ini. Artinya, ada waktu tiga hari bagi Borneo FC untuk berlatih di Surabaya sebelum bentrokan kontra Persebaya pada Jumat mendatang (11/10).

Sebelumnya, skuad diliburkan hingga Minggu (6/10). Meski begitu, kondisi pemain dipastikan tidak bermasalah. Asisten pelatih Borneo FC Ahmad Amiruddin menegaskan bahwa anak asuhnya siap tempur. ’’Alhamdulil­lah, pemain lebih termotivas­i untuk terus mencari poin ya meski ada penundaan kembali,’’ kata Amiruddin.

Jika ada masalah, itu pun disebabkan absennya pemain pilar. Kiper Nadeo Argawinata dan Lerby Eliandry memperkuat timnas. Ditambah lagi, bek kanan Diego Michiel belum bisa tampil karenadibe­kapcedera.Absennya tiga pilar tersebut tidak mau terlalu diratapi. Semua sudah diantisipa­si tim pelatih.

Untuk kiper, Amiruddin sudah menyiapkan dua nama. Mereka adalah Gianluca Pandeynuwu dan Rahmanuddi­n. Namun, kans Gianluca untuk tampil menggantik­an Nadeo lebih besar. ’’Gianluca bagus dan berpengala­man. Rahman juga bagus. Cuma, dia butuh waktu. Tapi, semua masih harus kami koordinasi­kan dengan pelatih kiper,’’ terang Amiruddin. Sejauh ini Nadeo tidak tergantika­n di posisi kiper. Dia tampil dalam 19 laga dan mencatatka­n 50 save.

Sejatinya bukan hanya Borneo FC yang tampil pincang. Persebaya malah ditinggal empat pemainnya yang memperkuat timnas. Hansamu Yama bermain di timnas senior. Rachmat Irianto dan Osvaldo Haay tergabung dalam timnas U-23. Di timnas U-19, ada M. Supriadi. Belum lagi kondisi beberapa pemain yang tidak fit. Otavio Dutra bahkan masih berlatih secara terpisah. Kalaupun sembuh, Dutra mungkin akan masuk skuad timnas.

’’Jadi, bisa ada lima pemain yang absen,’’ ujar pelatih Persebaya Wolfgang Pikal. Karena itu, Pikal cukup menyayangk­an adanya laga saat FIFA Matchday. ’’Saya pikir lebih bagus liga harus berhenti kalau timnas main. Klub rugi, sudah beli pemain bagus, tapi tidak bisa dimainkan,’’ tegas pelatih berdarah Austria tersebut.

Meski begitu, Pikal tetap mempersiap­kan tim. Walau Persebaya bertanding tanpa lima pemain pilar, dia menyatakan tidak masalah. ’’Kami optimalkan pemain yang kami punya,’’ tutur Pikal.

Untungnya, stok pemain masih melimpah. Di posisi stoper, masih ada Andri Muliadi dan M. Syaifuddin. Untuk posisi winger yang ditinggal Osvaldo, Pikal masih bisa menurunkan Irfan Jaya ataupun Oktafianus ’’Ofan’’ Fernando. Lagi pula, performa Irfan dan Ofan sedang bagus-bagusnya. Irfan merupakan top scorer klub dengan torehan tujuh gol. Sementara itu, Ofan sudah mengemas tiga gol dan dua assist. Selain itu, masih ada David da Silva yang menjadi andalan di posisi ujung tombak. ’’Kami terus latihan fisik pemain dengan intensitas tinggi sebelum lawan Borneo FC,’’ tandas mantan asisten pelatih timnas tersebut.

 ?? RUBIANTO/JAWA POS RADAR MALANG ?? KALAH KEKAR: Sheva Imut Furyzcha (kanan) berebut bola dengan Dopimina Kogoya di Stadion Gelora Brantas, Kota Batu, kemarin.
RUBIANTO/JAWA POS RADAR MALANG KALAH KEKAR: Sheva Imut Furyzcha (kanan) berebut bola dengan Dopimina Kogoya di Stadion Gelora Brantas, Kota Batu, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia