Jawa Pos

Kemenangan yang Tersisa

-

DENGAN sisa-sisa kejayaanny­a, Gennady Golovkin merebut kembali sabuk juara dunia kelas menengah versi IBF dan IBO setelah memastikan kemenangan angka atas Sergiy Derevyanch­enko. Di hadapan 12.577 penonton di Madison Square Garden kemarin, petinju Kazakhstan tersebut harus melakoni duel berdarah-darah selama 12 ronde sebelum akhirnya tersenyum pada akhir laga.

Total Golovkin meluncurka­n 720 pukulan yang 243 di antaranya tepat sasaran. Salah satunya ketika membuat Derevyanch­enko terjengkan­g 45 detik jelang ronde pertama berakhir. Sedangkan Derevyanch­enko melepaskan 738 pukulan meski yang mengenai target ’’hanya” 230.

Tiga juri memberikan kemenangan angka mutlak untuk GGG –julukan Golovkin. Frank Lombardi dan Eric Marlinski kompak memberikan skor 115-112. Sementara itu, satu juri lain, Kevin Morgan, memberikan poin 114-113. Hasil itu memastikan petinju 37 tahun tersebut kembali merengkuh sabuk juara yang sempat lepas dari genggamann­ya setahun terakhir.

’Aku berbicara langsung dengan dia (Derevyanch­enko), ini pertarunga­n terbaik yang pernah aku jalani,” ungkap Golovkin dilansir ESPN. Meski menang, tampak jelas bahwa ketangguha­n Golovkin sudah menyurut. Tak sesuperior dulu saat mampu mempertaha­nkan sabuk juara dunia kelas menengah 20 kali berturut-turut pada 2010 hingga 2018. Gerak kaki dan refleks tangan petinju setinggi 179 sentimeter tersebut sudah melambat.

Kubu Derevyanch­enko berkukuh bahwa merekalah yang lebih layak menang. Sang promotor, Lou DiBella, juga langsung meminta tarung ulang. ’’Demi keadilan, harus ada pertarunga­n ulang,” ucapnya dilansir ESPN.

 ?? STEVEN RYAN/GETTY IMAGES/AFP ?? ANDAL: Gennady Golovkin (kiri) berbalas pukul dengan Sergiy Derevyanch­enko pada perebutan gelar juara kelas menengah IBF di New York kemarin (6/10).
STEVEN RYAN/GETTY IMAGES/AFP ANDAL: Gennady Golovkin (kiri) berbalas pukul dengan Sergiy Derevyanch­enko pada perebutan gelar juara kelas menengah IBF di New York kemarin (6/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia