Jawa Pos

Hore, Petro Kembali ke Proliga!

Tim Berisi Pemain PON Jatim

-

JAKARTA, Jawa Pos – Gresik Petrokimia tidak bisa berlama-lama meninggalk­an pentas Proliga. Tim voli kebanggaan Kota Pudak (sebutan Gresik) itu mengirim sinyal bakal kembali mengikuti kompetisi profesiona­l tersebut tahun depan.

’’Secara lisan bilang iya (kembali, Red). Tetapi, kami dari pihak pengurus memerlukan surat konfirmasi keikutsert­aan secepat mungkin,’’ ujar Wakil Ketua Bidang Kompetisi PP PBVSI Reginald Nelwan. ’’Terlebih, 16 Oktober kami rapat. Kami berharap sudah ada jawaban,’’ lanjutnya.

Pada akhir tahun lalu, klub yang akrab disebut Petro itu memang membuat keputusan mengejutka­n. Setelah terlempar dari Livoli Divisi Utama, klub yang terkenal banyak menghasilk­an pemain timnas tersebut mundur dari Proliga 2019. Padahal, mereka merupakan salah satu klub tradisiona­l yang tidak pernah absen dari Proliga.

Saat itu manajemen Petro beralasan, klub tidak punya cukup pemain yang mumpuni untuk bersaing di level kompetisi tertinggi. Apalagi, biaya operasiona­l tim selama semusim sangat mahal. Klub yang dibiayai pabrik pupuk tersebut memilih membayar denda Rp 1 miliar daripada harus berkompeti­si di Proliga tanpa peluang menjadi juara.

Nah, apakah Petro, yang baru saja menjadi runner-up Livoli Divisi 1, saat ini sudah punya pemain? Itulah tricky-nya. Petro yang diterjunka­n di Proliga nanti berbeda dengan tim yang menyandang nama Petro di Livoli Divisi 1 2019. Melainkan pemain hasil seleksi yang mewakili Jawa Timur di PON XX/2020 Papua tahun depan.

’’Benar, tidak semua pemain berasal dari Petro. Tapi tim PON Jatim. Nanti manajer utamanya dari Petrokimia Gresik,’’ ungkap Taufiq Hidayat, pelatih yang menangani Petro selama Livoli Divisi 1. ’’Ini akan jadi sasaran untuk PON 2020 di Papua. Kami perlu sparing partner untuk persiapan yang lebih matang,’’ tambahnya.

Rencana itu hampir final. Jika demikian, Jatim akan punya tiga perwakilan. Di sektor putra, ada jagoan Surabaya Bhayangkar­a Samator dan Petrokimia di bagian putri. Plus ada satu wajah baru, yakni Lamongan Sadang MHS.

Sementara itu, Livoli Divisi Utama akan bergulir di GOR Dimyati, Tangerang, pada 13–20 Oktober. Sebanyak 16 tim yang terdiri atas 8 tim putra dan 8 tim putri memastikan tampil di kejuaraan amatir level tertinggi itu.(feb/c15/na)

 ?? PP PBSI FOR JAWA POS ?? 5-Syabda Perkasa Belawa 6-Bobby Setiabudi 8-Christian Adinata 13-Yonathan Ramlie 8-Yasnita Enggira Setiawan 14-Stephanie Widjaja Aisyah Sativa Fatetani SUDAH MOVE ON: Bobby Setiabudi melawan Teiva Politi dari Tahiti pada babak kedua kejuaraan dunia junior kategori individual di Kazan Gymnastics Center, Kazan, kemarin.
PP PBSI FOR JAWA POS 5-Syabda Perkasa Belawa 6-Bobby Setiabudi 8-Christian Adinata 13-Yonathan Ramlie 8-Yasnita Enggira Setiawan 14-Stephanie Widjaja Aisyah Sativa Fatetani SUDAH MOVE ON: Bobby Setiabudi melawan Teiva Politi dari Tahiti pada babak kedua kejuaraan dunia junior kategori individual di Kazan Gymnastics Center, Kazan, kemarin.
 ?? ANTONIN THUILLIER/AFP ?? TIDAK MAKSIMAL: Maria Natalia Londa berlomba di Kejuaraan Dunia Atletik 2019 di Khalifa Internatio­nal Stadium, Doha, Sabtu malam lalu (5/10).
ANTONIN THUILLIER/AFP TIDAK MAKSIMAL: Maria Natalia Londa berlomba di Kejuaraan Dunia Atletik 2019 di Khalifa Internatio­nal Stadium, Doha, Sabtu malam lalu (5/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia