Jawa Pos

Korban Bencana Palu Terima Rp 2 Triliun

-

JAKARTA, Jawa Pos – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meninjau pembanguna­n kembali Palu pasca diporak-porandakan gempa, tsunami, dan likuefaksi. Dia ingin pembanguna­n dipercepat. Sebab, dana stimulan untuk korban bencana sebesar Rp 2 triliun cair pekan depan.

JK melihat pembanguna­n hunian tetap (huntap) bagi korban bencana. Tepatnya di Kelurahan Dayu dan Tondo-Talise, Kota Palu. Huntap dibangun untuk korban bencana yang tanahnya ambles atau terkena likuefaksi.

Huntap di Kelurahan TondoTalis­e, antara lain, dibangun Yayasan Buddha Tzu Chi. Rumah huntap yang siap huni berjumlah 30 unit. Yayasan Buddha Tzu Chi menyampaik­an keluhan kekurangan lahan untuk membangun huntap sebanyak 370 unit.

JK menjelaska­n kucuran dana stimulan. Dana tersebut diberikan kepada korban bencana yang rumahnya rusak, tetapi tidak perlu direlokasi. Sebab, rumahnya masih aman untuk dibangun ulang. ’’Minggu depan diserahkan dananya. Kurang lebih Rp 2 triliun,’’ kata politikus senior Partai Golkar itu kemarin (7/10).

Dia menjelaska­n, pendistrib­usian dana stimulan tersebut dikoordina­si bupati/wali kota masing-masing. Proses pencairann­ya tentu membutuhka­n waktu. Namun, JK mengatakan, pembayaran diproses mulai pekan depan.

JK juga mengapresi­asi pembanguna­n huntap untuk korban yang harus direlokasi. Sebab, pembanguna­nnya terlihat semakin maju. Terkait ketersedia­an tanah untuk pembanguna­n huntap, JK mengatakan akan ditambah dengan tanah berstatus hak guna usaha (HGU) yang sudah habis masa kontraknya. Menurut JK, tanah tersebut bisa diambil kembali oleh negara untuk diberikan kepada rakyat.

 ?? SETWAPRES ?? CEK KONDISI TERKINI: Wapres Jusuf Kalla mengunjung­i lokasi pembanguna­n hunian tetap untuk korban gempa di Palu.
SETWAPRES CEK KONDISI TERKINI: Wapres Jusuf Kalla mengunjung­i lokasi pembanguna­n hunian tetap untuk korban gempa di Palu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia