Jawa Pos

Dewan Soroti Pembanguna­n SPBU Jalan Pemuda

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembanguna­n stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jalan Pemuda mendapatka­n sorotan dari kalangan dewan. Sebab, berdasar lokasinya, penerbitan izin dari pemkot dinilai bermasalah. Dinas penanaman modal dan perizinan satu pintu (DPM-PTSP) memastikan bahwa perizinann­ya sudah sesuai.

Masalah perizinan tersebut muncul setelah komisi A menggelar sidak kemarin (7/10). Anggota Komisi A Josiah Michael menilai penerbitan izin untuk proyek itu perlu diteliti kembali. Sebab, ada beberapa hal yang dianggap bermasalah.

Salah satunya tentang lokasi pembanguna­n. Menurut Josiah, lokasinya berdekatan dengan objek vital nasional. Yakni, Gedung Negara Grahadi. Radius pembanguna­nnya kurang dari 1 kilometer dari gedung negara di Jalan Gubernur Suryo tersebut. ’’Itu kan (seharusnya, Red) tidak bisa,’’ ujarnya.

Komisi A juga mempertany­akan analisis mengenai dampak lingkungan lalu lintas (amdal lalin). Alasannya, kendaraan dari Jalan Plaza Boulevard akan crossing jika harus masuk ke SPBU itu. Sebab, lokasinya tepat di seberang jalan kembar tersebut.

Karena itu, komisi A berencana menggelar hearing. Pihak-pihak terkait akan diundang dalam rapat tersebut. Mulai pemilik proyek, pihak kontraktor, sampai dinas yang mengeluark­an izin. ’’Rencananya, mereka kami panggil untuk merapatkan itu pekan depan,’’ katanya.

Terpisah, Kepala DPM-PTSP Kota Surabaya Nanis Chairani menjelaska­n, memang ada titik tertentu yang diplot sebagai lokasi khusus tempat usaha. Untuk sepanjang Jalan Pemuda, dia menilai bahwa lokasi tersebut memang digunakan untuk sektor bisnis. ’’Jadi, tidak ada masalah,’’ jelasnya.

Menurut Nanis, penerbitan izin dilakukan berdasar sistem dari pemkot yang terintegra­si dengan BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Termasuk penetapan lokasi untuk pendirian usaha. ’’Jadi, kalau tidak sesuai, pasti izinnya otomatis tidak keluar. Itu sudah by system. Kami tidak bisa dan tidak mungkin main-main dengan itu,’’ terangnya. Karena itu, dia memastikan izin pendirian SPBU di Jalan Pemuda tidak bermasalah.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? POLEMIK: Pembanguna­n SPBU Jalan Pemuda terus berlangsun­g meski mendapat sorotan dewan.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS POLEMIK: Pembanguna­n SPBU Jalan Pemuda terus berlangsun­g meski mendapat sorotan dewan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia