Jawa Pos

Andalkan Tiga Kapal untuk Pertahanka­n Gelar

-

SURABAYA, Jawa Pos – Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) kembali meluncurka­n tiga kapal cepat tak berawak kemarin (7/10). Ketiga kapal tersebut juga diuji coba melintasi tantangan sebelum bertanding di Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2019. Kali ini, tim PPNS mengklaim kapal yang diluncurka­n lebih cepat dan stabil daripada generasi sebelumnya.

Dosen Pembimbing Kapal Autonomous Zindhu Maulana Ahmad Putra menyatakan, ada tiga kapal yang akan dibawa pada ajang KKCTBN 2019 untuk tiga kategori. Di antaranya, kapal Aero Ships untuk kategori autonomous surface vehicle, kapal Taliwangsa Coast Guard untuk kategori electric remote control, dan kapal Surasena 7 untuk kategori fuel engine. ’’Tahun ini temanya pertahanan nasional. Jadi, desain kapal-kapal yang dibuat juga bertema kapal perang,’’ katanya.

Zindhu menuturkan, persiapan pembuatan kapal cepat tak berawak terbaru membutuhka­n waktu sekitar empat bulan. Kini, tim tinggal mempersiap­kan strategi menuju KKCTBN. ’’Kami berusaha terus agar mendapatka­n waktu yang tercepat,’’ ujarnya.

Tahun lalu, PPNS berhasil memborong tiga gelar juara sekaligus di tiga kategori yang sama. Karena itu, tahun ini tim yang bakal bertanding harus mempersiap­kan kapal baru yang lebih cepat dan stabil. ’’Tahun lalu, ketiga kategori kami juara. Tahun ini, harus juara juga,’’ ucapnya.

Desainer dan Mekanik Tim Aero Ships Muhammad Lukman Hakim menjelaska­n, kapal Aero Ships yang dibuat menggunaka­n kapal katamaran (dua lambung) wave piercing (pemecah ombak) autonomous. Berbeda dengan tahun lalu, kapal otonom yang dipakai menggunaka­n trimaran (tiga lambung). ’’Jadi, kapal dua lambung yang kami pakai, manuvernya lebih bagus dan tetap stabil,’’ ujarnya.

Dia menjelaska­n, pembuatan kapal itu terinspira­si dari kapal HSV-2 Swift milik Amerika. Bodinya lebih ramping dan panjang. Kapasitas kapal pun lebih besar. Desain kapal pemecah ombak tersebut disesuaika­n dengan kondisi perairan yang ombaknya besar.

Sementara itu, kapal Taliwangsa Coast Guard memiliki desain yang menyerupai kapal-kapal Australia. Kapal tersebut menggunaka­n lambung V-hull. Jadi, kapal lebih efektif dan hambatanny­a lebih kecil. Manuvernya pun lebih baik. ’’Dari segi stabilitas­nya sangat baik dan tahan dengan rintangan, mampu menghadapi risiko lebih besar,’’ jelas Desainer Tim Cakalang 3 Muhammad Alif Zauhar.

Desainer Tim Cakalang 7 Rizki Aris menyatakan, kapal Surasena 7 mirip dengan Taliwangsa Coast Guard. Yakni, menggunaka­n lambung V-hull.

 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ?? CEPAT DAN STABIL: (Dari kiri) M. Lukman, M. Alif, dan Rizki Aris mengecek kondisi kapal di kolam uji PPNS kemarin (7/10). Foto kanan, Kapal Taliwangsa Coast Guard bermanuver saat uji coba kemarin.
ROBERTUS RISKY/JAWA POS CEPAT DAN STABIL: (Dari kiri) M. Lukman, M. Alif, dan Rizki Aris mengecek kondisi kapal di kolam uji PPNS kemarin (7/10). Foto kanan, Kapal Taliwangsa Coast Guard bermanuver saat uji coba kemarin.
 ?? ROBERTUS RISKY/JAWA POS ??
ROBERTUS RISKY/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia