Jawa Pos

Ulang Pemilihan Ketua Pansus KPBU

-

SIDOARJO, Jawa Pos – Fraksi PKB memastikan ada pemilihan ulang pimpinan panitia khusus (pansus) KPBU. Fraksi-fraksi koalisi diminta kompak memilih kader PKB sebagai ketua pansus. Partai turun tangan.

Ketua DPRD Sidoarjo Usman menyatakan, pemilihan dewan belum menetapkan pimpinan pansus. Hasil voting pekan lalu draw. Pasangan Abdillah NasihWisnu Pradono dan Wisnu Pradono-Bangun Winarso masingmasi­ng mengumpulk­an tujuh suara. Satu di antara 15 anggota abstain. Usman memastikan pemilihan ketua pansus kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) diadakan lagi pada Jumat (11/10).

Wakil Ketua Fraksi PKB Dhamroni Chudlori mengungkap­kan, ada yang tidak sejalan di internal koalisi. Fraksi-fraksi koalisi, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, serta NasdemDemo­krat, seharusnya mendukung penuh PKB dengan memilih ketua pansus KPBU dari FPKB.

Apa akibatnya? Pada Minggu (6/10), DPC PDIP mengadakan rapat. Anggota fraksi diminta patuh pada partai. Kalau tidak, PDIP bisa saja mengganti anggota pansus yang membelot. Namun, rapat tersebut berakhir tanpa keputusan.

Ketua Fraksi PDIP Suyarno membenarka­n bahwa PDIP menyelengg­arakan rapat. Namun, dia membantah kabar penggantia­n Wisnu. ’’Pak Wisnu sudah ditetapkan sebagai anggota pansus,’’ jelasnya.

Dalam tubuh Partai Gerindra, muncul pula gejolak. Berdasar informasi, Ketua DPC Gerindra M. Rifai yang kini ditahan di Lapas Delta mengeluark­an surat pena_ rikan anggota pansus Mimik Idayana dan Widagdo. Namun, Sekretaris DPC Gerindra Suwono memastikan anggota pansus tidak berubah. ’’Yang dikirim fraksi itu yang dioptimalk­an,’’ terangnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia