Jawa Pos

BUMDes Mart Solusi Belanja Hemat

-

PEMERINTAH Desa Sidorejo, Kecamatan Keluang, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menyulap lahan desa yang belum dimanfaatk­an sebagai bangunan tempat belanja yang lengkap, nyaman, modern, dan murah. Sebagian area dipriorita­skan untuk menampung produk-produk masyarakat dan menjadi area publik guna menggelar kegiatan bermanfaat lainnya.

Pendirian BUMDes Mart merupakan inovasi Desa Sidorejo guna memenuhi minat masyarakat yang membutuhka­n tempat berbelanja nyaman dan lengkap dengan waktu operasi hingga larut malam. Pasalnya, semua warung di desa tersebut tutup pukul 18.00 WIB.

Untuk mendapatka­n kebutuhan rumah tangga sehari-hari, masyarakat harus menempuh jarak yang cukup jauh. Sekitar empat jam ke Palembang. Akibatnya, harga perolehan barang menjadi mahal.

Kades Sidorejo Pujiono mengatakan, penggunaan dana desa untuk pembanguna­n BUMDes Mart dilakukan melalui hasil musyawarah bersama. ’’Kami itu peluang besar karena saat itu belum ada pesaing di desa kami. Harapannya, daripada belanja jauh-jauh, mending beli di desa kita sendiri,’’ ungkapnya.

Dia berharap BUMDes Mart dapat mendorong ekonomi dan menampung produk-produk lokal masyarakat. Misalnya, kelompok PKK, kelompok bogasari, dan kelompok ibu-ibu yang membuat makanan katering. ’’Toko ini dapat mempersing­kat dan mendekatka­n proses pembelian barang yang dilakukan warga desa,’’ jelasnya.

Proses perputaran uang hasil toko bisa menjadi pemasukan bagi kas desa. Dari semula hanya ada dua ruko BUMDes Mart, kini sudah dibangun lima ruko dengan jam operasiona­l hingga pukul 21.00 WIB. ’’Saat ini kami butuh alat transporta­si berupa mobil untuk mengirim pesanan ke rumah warga. Jadi, pelayanann­ya door-to-door,’’ paparnya.

 ?? KEMENDES FOR JAWA POS ?? TOKO MODERN: Pendirian BUMDes Mart merupakan inovasi Desa Sidorejo untuk memenuhi minat masyarakat yang membutuhka­n tempat berbelanja nyaman dan lengkap dengan waktu operasi hingga larut malam.
KEMENDES FOR JAWA POS TOKO MODERN: Pendirian BUMDes Mart merupakan inovasi Desa Sidorejo untuk memenuhi minat masyarakat yang membutuhka­n tempat berbelanja nyaman dan lengkap dengan waktu operasi hingga larut malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia