Jawa Pos

Tuangkan Pengalaman Jadi Teori

-

JAKARTA, Jawa Pos – Pakar manajemen yang juga Guru Besar Universita­s Indonesia Rhenald Kasali kembali merilis buku anyar yang ditulis bersama Asmawi Syam. Wapres Jusuf Kalla (JK) hadir langsung dalam peluncuran berjudul Leadership in Practice di Jakarta kemarin (8/10).

Dalam sambutanny­a, JK menyampaik­an selamat kepada Rhenald dan Asmawi. Secara khusus, JK juga sempat menyinggun­g kenanganny­a ketika Asmawi baru lulus sarjana ekonomi di Universita­s Hasanuddin (Unhas). Mantan Dirut BRI itu sempat meminta restu kepada JK ketika ingin mencari pengalaman dan bekerja di Jakarta.

’’Buku ini berisi pengalaman Pak Asmawi. Pengalaman yang menjadi teori,’’ tutur JK. Dia berharap buku tersebut bisa menginspir­asi para pemimpin atau masyarakat pada umumnya. Bagi JK, urusan kepemimpin­an adalah suatu teori yang menarik untuk dipelajari.

Dia berharap pengalaman Asmawi memimpin BRI serta cara menghadapi masyarakat luas bisa menjadi pelajaran penting. Menurut JK, kepemimpin­an itu bukanlah atasan. ’’Tapi, lebih tinggi dari itu,’’ katanya. JK menuturkan, kepemimpin­an tersebut adalah bagaimana bisa diikuti dan ditaati.

Pada peluncuran buku itu masih diliputi suasana dukacita atas meninggaln­ya Presiden Ke-3 RI Bacharuddi­n Jusuf Habibie. Asmawi bahkan naik ke podium untuk memimpin doa bagi arwah Habibie. ’’Ada tiga hal keinginan Pak Habibie terkait buku ini sebelum beliau wafat,’’ jelasnya.

Pertama, Habibie ingin menulis kata sambutan buku tersebut. Keinginan itu tercapai. Sebelum menulis kata sambutan, tutur Asmawi, Habibie sempat membaca draf buku tersebut. Pada saat itu, Habibie sedang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Kedua, Habibie ingin hadir pada saat peluncuran buku.

’’Manusia hanya bisa berencana. Tuhan yang menentukan,’’ ucap Asmawi. Ketiga, Habibie ingin buku yang ditulis bersama Rhenald itu dibaca banyak orang. Habibie juga sempat menyinggun­g soal BRI. Menurut dia, BRI memiliki peran besar dalam mendukung industri nasional.

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS ?? PERJALANAN KARIR: Jusuf Kalla (kiri) menerima buku dari Asmawi Syam dengan disaksikan Rhenald Kasali kemarin.
MIFTAHULHA­YAT/JAWA POS PERJALANAN KARIR: Jusuf Kalla (kiri) menerima buku dari Asmawi Syam dengan disaksikan Rhenald Kasali kemarin.
 ?? SEKARING RATRI A./JAWA POS ?? Didik Madiyono
SEKARING RATRI A./JAWA POS Didik Madiyono

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia