Jawa Pos

Putar Otak untuk Posisi Winger

-

SURABAYA, Jawa Pos – Posisi winger Persebaya Surabaya tengah menipis. Ketika laga kontra Borneo (11/10) kian dekat, Irfan Jaya malah absen latihan. Cedera engkelnya belum sembuh. Dia hanya melakukan recovery di gym.

Kondisi itu membuat pelatih Persebaya Wolfgang Pikal memutar otak. Memang masih ada Oktafianus Fernando, Elisa Basna, dan M.

Alwi Slamat. Ketiganya bisa mengisi posisi winger. Masalahnya, dua nama terakhir belum menunjukka­n performa terbaik. Elisa baru tampil dalam tiga laga, sedangkan Alwi malah baru turun di dua laga.

Dari segi menit bermain, keduanya juga sangat minim. Alwi hanya bermain selama 91 menit. Elisa cuma 61 menit. Statistik itu menunjukka­n bahwa keduanya sulit menggantik­an peran Irfan. Apalagi, Irfan merupakan top scorer klub dengan torehan tujuh gol. Karena itu, ada opsi menarik Diogo Campos sebagai winger. Sebab, posisi itu tidak asing bagi pemain asal Brasil tersebut. ’’Kami optimalkan pemain yang ada,’’ kata Pikal.

Sejatinya, masih ada Osvaldo Haay. Dia baru saja dicoret dari skuad timnas U-23. Pikal berencana menurunkan­nya. ’’Ini kabar bagus. Karena kami memang sedang kurang pemain,’’ terang pelatih berdarah Austria itu. Sayang, niat Pikal untuk menurunkan Osvaldo, tampaknya, sulit terwujud. Sebab, Osvaldo mengalami cedera. Alasan itu pula yang membuatnya terdepak dari timnas U-23. ’’Sesuai dengan pemeriksaa­n fisik dan MRI, ada gangguan ACL (anterior cruciate ligament) di lutut kirinya,’’ kata dokter timnas U-23 Syarif Alwi.

Masalah bukan hanya posisi winger. Lini belakang juga terancam keropos. Abu Rizal Maulana belum fit. Pemain asal Sampang itu bahkan berlatih secara terpisah di Stadion Gelora Delta kemarin sore. Padahal, dia selalu menjadi opsi di posisi bek kanan. Total, dia sudah melakukan 22 intersep dan 28 sapuan. Karena itu, Pikal memilih menunggu kondisi pemain yang akrab disapa Rodeg tersebut. ’’Sudah tiga hari dia (Rodeg) absen. Dia latihan, tapi belum sentuh bola. Besok (hari ini) akan kami coba berlatih dengan bola,’’ terang Pikal.

Untung, Otavio Dutra mungkin bisa tampil. Pemain naturalisa­si itu tidak masuk skuad timnas melawan Uni Emirat Arab (10/10). ’’Sampai saat ini tidak ada pemanggila­n (dari timnas). Mungkin dia (Dutra) akan masuk timnas saat melawan Vietnam (15/10) di Bali,’’ tambah Pikal. Sayang, kondisi Dutra juga masih meragukan. Dia hanya melakukan latihan recovery di gym untuk pemulihan cedera engkelnya. ’’Besok (hari ini) dia akan berlatih di lapangan. Saya akan lihat kondisinya nanti,’’ ujar Pikal.

Kondisi itu berbanding terbalik dengan Borneo FC. Mereka mulai berlatih di Lapangan Unesa, Surabaya, kemarin pagi. Pesut Etam juga hanya akan ditinggal tiga pemain. Nadeo Agrawinata dan Lerby Eliandry absen karena memperkuat timnas. Sementara itu, Diego Michiels masih dibekap cedera. Untuk posisi Lerby, masih ada striker Renan Silva. Dia merupakan top scorer klub dengan torehan delapan gol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia