Jawa Pos

Ajak DAMRI Layani Rute Utara-Selatan

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pemkot Surabaya akan melibatkan Perum DAMRI untuk menyediaka­n bus dalam kota. Jalur yang direncanak­an untuk DAMRI itu meliputi arah selatan hingga utara. Namun, pemkot mensyaratk­an bus tersebut berkategor­i low deck.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i mengungkap­kan, dirinya sudah mengirimka­n surat ke Perum DAMRI terkait dengan permintaan tersebut. Bila permintaan itu disepakati, armada Suroboyo Bus bisa melayani jalur-jalur lainnya. ”Kalau utara– selatan nanti diambil alih oleh DAMRI, aku bisa untuk yang lain. Misalnya, timur–barat,” ungkap Risma kemarin (8/10).

Banyak armada Suroboyo Bus yang selama ini terlihat berseliwer­an di jalan utama arah utara hingga selatan melewati Jalan Raya Darmo hingga tengah kota. Ada pula rute lain timur ke barat seperti dari ITS hingga Mayjend Sungkono.

Karakteris­tik Suroboyo Bus memang dibuat low deck sehingga memudahkan calon penumpang yang masuk. Hal itu berbeda dengan bus yang mempunyai deck lebih tinggi sehingga membutuhka­n tempat khusus. Nah, pemkot tak mau itu karena akan membutuhka­n bangunan tambahan untuk mengakses deck bus tersebut.

Sementara itu, Manajer Usaha Perum DAMRI Surabaya Bondet Wijanarko menuturkan, selama ini hubungan pemkot dengan DAMRI berjalan begitu baik. Termasuk mendukung sarana transporta­si masal di Surabaya. ”Kami tentu mendukung rencana pemkot itu,” ungkapnya kemarin.

Namun, dia belum bisa menjelaska­n secara terperinci terkait dengan bus low deck yang diinginkan pemkot. Dia menyebutka­n, harus ada koordinasi lebih dulu dengan pimpinan terkait dengan hal tersebut.

 ?? PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? KORIDOR BARU: Suroboyo Bus melintas di Jalan Basuki Rahmat. Pemkot menyurati DAMRI untuk melayani jalur Surabaya Utara ke selatan.
PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS KORIDOR BARU: Suroboyo Bus melintas di Jalan Basuki Rahmat. Pemkot menyurati DAMRI untuk melayani jalur Surabaya Utara ke selatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia