Jawa Pos

Rp 3,2 Miliar untuk Dua TPS 3R

-

SURABAYA, Jawa Pos – Persoalan sampah di kawasan Karang Pilang segera tertangani. Akan dibangun tempat pengolahan sampah (TPS) dengan sistem reuse, reduce, and recycle (3R) dan rumah kompos di sana. ’’Saat ini masih proses lelang,’’ ucap Sarana dan Prasarana (Sarpras) Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya M. Iman Rahmadi.

Lokasinya berada di area Rumah Susun (Rusun) Warugunung dan sekitar SDN Warugunung 3. Semuanya dibangun di lahan pemkot. TPS 3R di dua lokasi itu memiliki fungsi yang sama. Yakni, sebagai tempat pemilahan sampah, baik organik ataupun nonorganik. ’’Yang membedakan adalah luas bangunanny­a,’’ paparnya.

Sampah di sekitar TPS Karang Pilang akan dipilah. Yang dibuang ke TPA Benowo adalah sampah yang tidak bisa diolah lagi. Sampah dari perantinga­n atau sisa pembersiha­n tanaman bisa dikelola menjadi kompos. Nah, nanti warga juga diperboleh­kan mengambil kompos tersebut. ’’Termasuk untuk pupuk taman milik pemkot,’’ terangnya.

Anggaran pembanguna­n dua TPS 3R dan rumah kompos itu pun cukup besar. Masing-masing sekitar Rp 1,5 miliar dan Rp 1,7 miliar. Pengerjaan­nya direncanak­an mulai akhir bulan ini. ’’Jika tidak ada kendala, mungkin akhir tahun ini semuanya sudah rampung sehingga awal tahun bisa segera difungsika­n,’’ katanya.

Camat Karang Pilang Eko Budi Susilo menuturkan, pihaknya akan melakukan sosialisas­i kepada warga sekitar. Harapannya, masyarakat setempat bisa mendukung pembanguna­n TPS 3R dan rumah kompos tersebut. ’’Semoga nanti lancar dan segera difungsika­n,’’ ucapnya.

 ?? TOMMY ZANUAR/JAWA POS ?? PROSES LELANG: Warga berada di TPS area rusun Warugunung. Di lokasi tersebut akan dibangun TPS 3R.
TOMMY ZANUAR/JAWA POS PROSES LELANG: Warga berada di TPS area rusun Warugunung. Di lokasi tersebut akan dibangun TPS 3R.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia