Jawa Pos

Siapkan Anggaran untuk Beli Listrik PLTSa

PLN Juga Tanggung Distribusi­nya

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di TPA Benowo sudah siap dioperasik­an. Pemkot tinggal menyelesai­kan pekerjaan akhirnya. Pihak PLN juga sudah menyiapkan anggaran untuk mendistrib­usikan listrik yang diproduksi ke rumah-rumah warga.

Manajer Komunikasi PLN Distribusi Jatim Fenny Nurhayati mengatakan sudah berkomunik­asi dengan pemkot dan PT Sumber Organik (SO) yang menjadi pengelola PLTSa. Bahkan, sudah ada kerja sama yang disepakati. ”PT SO sebagai produsenny­a. Nanti kami yang beli,” ujarnya kemarin (12/10).

Fenny memastikan, anggaran untuk membeli listrik dari PLTSa sudah siap. Namun, dia tidak menyebutka­n nilainya. Yang jelas, pembeliann­ya akan disesuaika­n dengan jumlah konsumsi yang dipakai setiap bulan.

Selain itu, PLN akan menanggung distribusi listrik dari PLTSa ke rumah-rumah penduduk. Menurut dia, instalasin­ya sedang disiapkan. Dalam waktu dekat, proses penyambung­an dipastikan rampung. ”Semuanya sudah siap. Menunggu diresmikan dan dioperasik­an saja,” ucapnya.

Terpisah, dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) masih menyelesai­kan pemasangan instalasi pembangkit listrik di PLTSa tersebut. Sebab, ada alat baru yang dipasang. ”Bulan depan rampung,” kata Sekretaris DKRTH Ipong Wisnoe Wardana.

Ipong menyatakan, produksi listrik di PLTSa Benowo mencapai 11 megawatt. Jumlah tersebut diprediksi bisa mengaliri sebelas ribu rumah dengan asumsi daya 900–1.300 VA. ”Setelah rampung, PLTSa dikelola PT SO selama 20 tahun dan bisa menjadi milik pemkot sepenuhnya setelah itu,” tuturnya.

 ??  ?? SIAP BEROPERASI: Kawasan PLTSa Benowo yang di-launching pada November mendatang.
SIAP BEROPERASI: Kawasan PLTSa Benowo yang di-launching pada November mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia