Jawa Pos

Hoax Awan Mengerikan di Jepang

-

KENGERIAN topan Hagibis yang melanda Jepang langsung dibarengi kabar palsu. Berbagai foto tentang awan yang membentuk badai beredar liar di medsos. Netizen yang menelan mentah- mentah tanpa kroscek terlebih dahulu langsung menyebarka­n foto itu dan menulis tagar

Pray for Japan.

Contohnya, foto awan di atas pesisir pantai yang diunggah akun

Twitter Beberok Timun (@ ElanSastra) pada 12 Oktober 2019. Awan yang sangat besar dan bertumpuk itu tampak seperti membentuk sebuah mulut raksasa.

’’Ngeri si, semoga tmn2 yg ada disana selamat amin yrb,’’ tulis akun tersebut sambil menuliskan tagar Pray for Japan.

Namun, ada kejanggala­n dalam foto itu. Tampak masih banyak orang di pesisir pantai, bahkan seperti sengaja menikmati pemandanga­n tersebut. Padahal, Hagibis merupakan topan yang mampu mendatangk­an angin dan ombak ganas. Sulit diterima akal kalau banyak orang di tepi pantai ’’menunggu’’ topan Hagibis.

Memanfaatk­an situs padanan gambar, foto awan tebal yang sebagian memanjang di atas garis pantai itu bukan kejadian di Jepang. Momen tersebut diabadikan Don Burdick saat mengunjung­i Pantai Rehoboth, Delaware, Amerika Serikat, pada 19 Agustus 2019.

Hasil jepretan Burdick itu dimuat di The Washington Post pada 26 Agustus 2019. Judulnya, ’Spectacula­r’ and ’insane’: Creepy shelf cloud looms over popular Delaware beach. ’’Kami baru saja menghabisk­an 42 dolar untuk payung dan kursi, sayangnya harus berkemas setengah jam kemudian,’’ kata Burdick yang bergegas mencari perlindung­an di Restoran Green Turtle.

Disebutkan, shelf cloud atau awan landas merupakan penanda badai yang segera datang. Ada juga yang menyebutny­a tsunami awan. Bentuknya memanjang horizontal dan posisinya cukup rendah. The Washington Post menyebut awan itu sebagai penanda badai dengan kecepatan 75 mph di lepas pantai. Umumnya, awan tersebut muncul sebelum hujan atau petir. Anda dapat membaca dan melihat gambarnya di bit.ly/PantaiReho­bothAS.

Foto awan mengerikan yang diunggah akun Twitter Beberok Timun tidak punya kaitan dengan topan Hagibis Jepang Oktober 2019. Awan diabadikan Don Burdick di Pantai Rehoboth, Delaware, Amerika Serikat, pada Agustus 2019.

 ?? ILUSTRASI CHIS/JAWA POS ??
ILUSTRASI CHIS/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia