Jawa Pos

Proyek Lapangan Tembak Tuntas Tahun Ini

Pemkot Tak Bisa Tarik Retribusi

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pembanguna­n lapangan tembak indoor di Kedung Cowek ditarget tuntas tahun ini. Namun, pemkot tak bisa menarik retribusi ke pemakainya karena tak ada landasan hukum.

Seluruh penarikan retribusi harus disetujui dewan lewat peraturan daerah. Sebenarnya, perda tentang retribusi sudah dibahas DPRD Surabaya periode 2014–2019 yang purna tugas Agustus lalu. Namun, pembahasan aturan itu belum dilanjutka­n setelah pergantian periode di parlemen.

”Yang mengusulka­n perda itu pemkot. Bergantung mereka apakah ingin melanjutka­n pembahasan itu lagi atau tidak,” kata anggota Komisi A DPRD Surabaya Muchammad Machmud.

Pemkot sebenarnya ingin segera melanjutka­n pembahasan perda itu lagi. Kabag Hukum Pemkot Surabaya Ira Tursilowat­i menyampaik­an bahwa raperda tersebut bisa dibahas DPRD baru. Pembahasan tak perlu dimulai dari nol. ”Konfirmasi ke setwan terkait dengan mekanismen­ya di tata tertib DPRD,” katanya.

Masalahnya, tata tertib DPRD hendak direvisi. Artinya, pembahasan perda harus menunggu tata tertib yang baru. Setelah itu, pansus-pansus raperda bisa dilanjutka­n kembali. Termasuk raperda tentang retribusi.

Selain lapangan tembak indoor, ada beberapa fasilitas olahraga lain yang tarif retribusin­ya belum diatur. Di antaranya, lapangan hoki, tenis, dan sofbol di Dharmawang­sa, Sirkuit Gelora Bung Tomo, Gelora Pancasila, serta Lapangan Atletik THOR.

Jika tak ada ketentuan retribusi, warga tetap bisa memakai fasilitas itu secara gratis. Biasanya, pemkot mewajibkan penggunany­a untuk izin lebih dulu ke dinas kepemudaan dan olahraga (dispora). Namun, pemkot juga bisa menerapkan sistem sewa dengan dasar peraturan wali kota. Sistem sewa berbeda dengan retribusi. Sewa ditentukan atas perjanjian kedua pihak.

 ?? FOTO PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS ?? HAMPIR TUNTAS: Lapangan tembak di Tambak Wedi bakal selesai dibangun tahun ini. Sayang, pemkot belum bisa menarik retribusi karena belum ada landasan hukumnya.
FOTO PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS HAMPIR TUNTAS: Lapangan tembak di Tambak Wedi bakal selesai dibangun tahun ini. Sayang, pemkot belum bisa menarik retribusi karena belum ada landasan hukumnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia