Jawa Pos

Renovasi Stadion Made Dimulai

-

SURABAYA, Jawa Pos – Wajah stadion tua kawasan Made Utara bakal dirombak. Kemarin beberapa material pelat besi penahan fondasi mulai berdatanga­n. Rencananya, stadion itu mulai direnovasi hari ini (14/10).

Sebagaiman­a diketahui, keinginan warga soal upgrade stadion seluas 10 ribu meter persegi itu didengungk­an sejak bulan lalu. Isman, salah seorang pekerja proyek, menuturkan, segala persiapan memang sedang dilakukan. Kemarin material strauss pile telah tiba. ”Fungsinya sebagai tiang pancang. Baru Senin (hari ini) mulai dikerjakan. Termasuk ada alat berat untuk membongkar dinding beton,” katanya.

Saat ini, ada empat pekerja yang disiagakan. Namun, pihaknya belum mengetahui lebih detail aspek pengerjaan karena menunggu desain bangunan.

Ketua Lembaga Pemberdaya­an Masyarakat Kelurahan (LPMK) Made Joko Hadi Sumangat mengungkap­kan, masyarakat sekitar mengingink­an stadion itu dipugar sehingga menjadi layak digunakan. Total biaya yang dikeluarka­n mencapai Rp 1,2 miliar. ”Itu atas usul warga yang kemudian kami teruskan. Akhirnya bisa direalisas­ikan. Prosesnya sedang berjalan,” katanya.

Selama ini, letak stadion itu cukup strategis. Stadion berada di tepi jalan sisi barat Jalan Made Utara. Masyarakat sekitar pun sejatinya tak begitu sulit menggunaka­nnya. Cuma, akses masuk ke lapangan sedikit membingung­kan jika belum pernah ke lokasi tersebut. Kondisi semacam itu tidak akan terlihat lagi.

Seluruh tembok pembatas yang menghalang­i pandangan lapangan bakal dibongkar. Selain itu, sejumlah bangunan liar (bangli) sudah ditertibka­n. Tinggal proses pembersiha­n.

Lurah Made Ghufron mengatakan, potret lapangan itu memang akan mengalami perubahan cukup signifikan. Terutama pembanguna­n tribun di tepi lapangan sisi barat. Dengan begitu, fungsi lapangan pun benar-benar terlihat. Selain itu, rumput lapangan yang berada di atas lahan BTKD bakal diratakan. ”Intinya dipercanti­k. Mungkin alat berat masuk Senin (14/10),” ujarnya.

Pengerjaan lapangan itu diharapkan menjadi magnet untuk mengakomod­asi hobi masyarakat bermain sepak bola. Dia menyebut, area stadion juga akan dirapikan dan dibikin taman pasif. Bukan cuma itu, pembanguna­n lahan parkir juga sudah direncanak­an.

Joko menambahka­n, untuk mendukung program ekonomi berbasis kerakyatan, beberapa pihak mengusulka­n pedagang lokal ikut memanfaatk­an pembanguna­n itu. Salah satunya dengan menjadikan semacam tempat kuliner di sekitar stadion. Selain itu, pembanguna­n stadion akan dilengkapi fasilitas umum.

 ?? RIANA SETIAWAN/JAWA POS ?? BUJET RP 1,2 MILIAR: Kondisi Stadion Made yang belum mengalami perubahan kemarin.
RIANA SETIAWAN/JAWA POS BUJET RP 1,2 MILIAR: Kondisi Stadion Made yang belum mengalami perubahan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia