Jawa Pos

Aplikasi Pendaftara­n Versi Terbaru Segera Hadir

-

SURABAYA, Jawa Pos – Pelayanan di kantor imigrasi, salah satunya Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak, bakal lebih cepat dan efektif. Dalam waktu dekat, aplikasi pendaftara­n antrean paspor online (APAPO) versi 2.0 bakal diganti dengan yang terbaru, yakni versi 3.0 Hingga kemarin (13/10) aplikasi tersebut masih dalam proses pengembang­an oleh pusat.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Romi Widiyanto mengatakan, antrean permohonan pembuatan paspor dikembangk­an secara online lewat aplikasi tersebut. Karena kebutuhan efektivita­s dan efisiensi layanan yang terus dioptimalk­an kepada masyarakat, secara periodik aplikasi terus dikembangk­an ke tahap yang terbaru.

Menurut dia, aplikasi APAPO terbaru itu jauh lebih baik. ”Lebih cepat, lebih mudah dan efektif, serta masih banyak pembaruan lain untuk layanan yang lebih optimal,” tegasnya.

Romi menambahka­n, yang paling penting dalam pengembang­an aplikasi terbaru itu adalah adanya fitur security system untuk mengantisi­pasi penyalahgu­naan oleh pihak yang tidak bertanggun­g jawab lewat aplikasi tersebut. Misalnya, oknum yang melakukan pendaftara­n lewat akun-akun liar serta perbuatan lain yang dapat mengganggu pemohon lain mengakses aplikasi APAPO. ”Nah, masalah itu dibenahi. Lebih aman kalau APAPO versi 3.0 ini,” kata Romi.

Selain security system yang lebih canggih, semua data antrean pemohon yang masuk akan diverifika­si lagi saat pemohon datang ke kantor imigrasi sesuai jadwal yang dipilih pemohon. Dengan begitu, akunakun liar tidak bisa lagi mangkal di aplikasi terbaru tersebut.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia