Jawa Pos

Ali Mochtar Ngabalin Ingin Pelatihan Dai Diperluas

-

GRESIK, Jawa Pos – Keberadaan para dai dan mubalig kini semakin vital. Sebab, mereka bisa jadi penyejuk di tengah situasi masyarakat yang terus terpolaris­asi.

Para dai dan mubalig bisa mengembali­kan nilai kultur, budaya, dan moral di masyarakat melalui media dakwah. Karena itu, yang dibutuhkan saat ini adalah dai dan mubalig yang berkompete­n. Hal itu diungkapka­n Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin dalam pelatihan dai dan mubalig di kantor pemkab kemarin.

Acara tersebut diadakan Badan Koordinasi Muballigh Indonesia (Bakomubin). Pelatihan itu diikuti para dai dan mubalig dari sejumlah ormas di Gresik. Hadir pula dalam acara tersebut Wabup M. Qosim.

Di era sekarang, dai dan mubalig punya andil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sebab, di tengah gencarnya informasi di media sosial, cukup banyak isu agama yang semakin membuat publik terpolaris­asi.

Karena itu, kehadiran para dai dan mubalig yang berkompete­n sangat penting. Mereka diajak memberikan contoh-contoh yang baik untuk disebarkan ke publik. ’’Diviralkan,’’ ujar Ngabalin. ’’Kini kita dihadapkan pada kondisi masyarakat yang terpolaris­asi dampak kepentinga­n politik. Itu sangat berpengaru­h pada perilaku saat ini,’’ tambahnya.

Sementara itu, Qosim menyatakan bersyukur lantaran peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Terlebih, mereka berasal dari organisasi besar. ’’Ada nahdliyin, Muhammadiy­ah, LDII, dan berbagai organisasi lain,’’ ungkapnya.

Pihaknya berharap acara semacam itu mampu memperkuat kerukunan. Terutama di Kabupaten Gresik. ’’Sebab, mereka ini yang turun langsung ke masyarakat memberikan pendidikan yang positif,’’ paparnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? DEMI UMAT: Ali Mochtar Ngabalin (dua dari kiri) saat menghadiri pelatihan mubalig dan dai di kantor pemkab kemarin.
GALIH WICAKSONO/JAWA POS DEMI UMAT: Ali Mochtar Ngabalin (dua dari kiri) saat menghadiri pelatihan mubalig dan dai di kantor pemkab kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia