Jawa Pos

Kena Alat Berat, Pipa PDAM Bocor

-

GRESIK, Jawa Pos – Temuan soal jalannya program infrastruk­tur yang diduga tak melalui perencanaa­n matang terus bermuncula­n. Terbaru adalah proyek yang berujung kerusakan sarana utilitas.

Misalnya, yang terjadi di Jalan Sindujoyo. Proyek jaringan drainase yang berlangsun­g di sana membuat pipa distribusi air ke rumah warga sekitar rusak karena terkena alat berat. Tak ayal, warga dibuat mengeluh.

Wahyu, salah seorang warga Sindujoyo, menyebutka­n, kebocoran pipa terjadi di tikungan jalan tersebut. Jawa Pos juga ikut melihat kondisinya. Pipa sambungan ke pelanggan rusak. ”Kami berharap diganti atau diperbaiki,” ucapnya.

Ternyata, bukan hanya di Sindujoyo, kasus serupa juga terjadi di sejumlah wilayah lain. Humas PDAM Giri Tirta Gresik Muh. Ismail mengaku sudah mendapat laporan terkait dengan kebocoran pipa di sejumlah titik di wilayah perkotaan. Menurut dia, salah satu pemicu bocornya pipa itu adalah adanya tekanan alat berat. ”Iya, kena bego akhirnya pecah,” katanya.

Berdasar data yang masuk, titik pipa yang terkena alat berat tersebut, antara lain, depan RSUD Ibnu Sina, sebagian Jalan Panglima Sudirman, Jalan dr Soetomo, dan Jalan Sindujoyo.

Saat ini, imbuh Ismail, PDAM berupaya agar air tidak macet ke pelanggan dalam waktu lama. ”Memang butuh waktu. Sebab, pengerjaan drainase itu juga tidak sebentar. Yang jelas, kalau pipa masih layak, hanya dilakukan perbaikan. Tapi, kalau memang tidak bisa dipakai lagi, ya diganti,” terangnya.

Terpisah, Sekretaris Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi mengaku sudah mengecek langsung ke lapangan. Pihaknya juga melihat banyak pipa yang bocor karena tertekan alat berat. ”Saya sudah komunikasi dengan dinas PU, katanya, kalau pipa, yang melakukan perbaikan tetap PDAM,” ucapnya.

 ?? GALIH WICAKSONO/JAWA POS ?? TERIMBAS PROYEK: Seperti inilah kondisi pipa distribusi air ke warga di Jalan Sindujoyo yang rusak akibat terkena alat berat yang digunakan pada proyek drainase
GALIH WICAKSONO/JAWA POS TERIMBAS PROYEK: Seperti inilah kondisi pipa distribusi air ke warga di Jalan Sindujoyo yang rusak akibat terkena alat berat yang digunakan pada proyek drainase

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia