Jawa Pos

Pasang Rambu Peringatan di 10 Titik

-

SURABAYA, Jawa Pos – Dishub Surabaya melakukan langkah antisipati­f untuk mengurangi kecelakaan di perlintasa­n kereta api sebidang. Sabtu malam (12/10) petugas dishub memasang rambu imbauan hati-hati mendekati beberapa perlintasa­n kereta sebidang di wilayah selatan. Tujuannya, pengguna jalan lebih waspada saat melewati jalan yang dilintasi rel kereta.

Rambu itu salah satunya dipasang di Jalan Ahmad Yani. Rambu dengan tiang setinggi 5 meter bertulisan ’’Hati-hati, 100 meter mendekati perlintasa­n KA’’ itu dipasang di depan Royal Plaza. ’’Kami pasang rambu model overhead agar lebih terlihat oleh pengendara,’’ ucap Kasi Sarana dan Prasarana Lalu Lintas Dishub Surabaya Prasetyo kemarin.

Rambu tersebut dipasang agar pengendara lebih waspada. Dengan begitu, mereka bisa memperlamb­at laju kendaraann­ya saat melintas di perlintasa­n sebidang. Melalui kewaspadaa­n itu, pemkot berharap angka kecelakaan pengguna jalan dengan kereta api bisa ditekan.

Sebelumnya, rambu imbauan hati-hati sebenarnya dipasang di dekat jalur perlintasa­n. Namun, bentuk dan ukurannya lebih kecil. Rambu itu juga sering tidak terlihat oleh pengendara. Dengan dipasang berjarak sekitar 100 meter dari perlintasa­n, pengguna jalan diharapkan bersiap agar lebih berhati-hati.

Selain di depan Rozal Plaza, rambu serupa dipasang di beberapa titik perlintasa­n. Misalnya, di perlintasa­n KA Margorejo, Wonokromo, Taman Mayangkara, serta Jalan Manunggal Kebonsari. ’’Total ada 10 titik,’’ ucapnya.

Sunoto,Kabidangku­tandishub,mengatakan­bahwarambu-rambu tersebutdi­pasangatas­beberapape­rtimbangan.Diantarany­a,kondisinya yang rawan kecelakaan dan lokasi tersebut dikelola pemkot.

Selain pemasangan rambu, pemkot saat ini mengonsep pengamanan di area perlintasa­n sebidang. Yakni, memasang CCTV yang bisa terintegra­si dengan petugas jaga dan pengguna jalan. ’’Sistem tersebut saat ini masih proses lelang,’’ ucapnya.

 ?? GUSLAN GUMILANG/JAWA POS ?? LEBIH TERLIHAT: Petugas dishub memasang rambu peringatan di depan Royal Plaza pada Sabtu malam (12/10).
GUSLAN GUMILANG/JAWA POS LEBIH TERLIHAT: Petugas dishub memasang rambu peringatan di depan Royal Plaza pada Sabtu malam (12/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia