Jawa Pos

Tak Lupa Sarapan dan Rutin Gowes

Cara Temmy Rahadi Imbangi Aktivitas Padat

-

SURABAYA, Jawa Pos – Menjalani aktivitas padat, bahkan tak jarang lembur, merupakan situasi yang kerap dihadapi Temmy Rahadi. ”Waktu usia masih 20-an, energi meluap-luap. Tapi, setelah masuk usia 30-an, mulai terasa,” tutur aktor sekaligus presenter itu dalam diskusi media Minggu Sehat dan Aktif di Mercure Grand Mirama Hotel kemarin (13/10).

Dia menceritak­an pernah siaran langsung selama tiga jam nonstop dari pukul 01.00. Untuk mengimbang­i aktivitas yang padat, Temmy berusaha menerapkan gaya hidup sehat.

Dia menjaga pola makan dan rajin berolahrag­a. ”Enggak pernah melewatkan sarapan dan selalu

gowes minimal dua kali seminggu,” paparnya. Itu dilakukan sejak delapan tahun lalu karena anjuran sang ibu.

Selain itu, Temy tidak pernah melewatkan istirahat. Menurut dia, melewatkan istirahat adalah hal yang fatal. Itu bisa berdampak langsung pada kesehatan fisik. ”Jika senang dengan pekerjaan kita saat ini, kita juga harus sayang dengan tubuh sendiri,” imbuhnya.

Dokter spesialis gizi dr Diana F. Suganda MKes SpGK menjelaska­n, pola hidup sehat harus diterapkan mulai usia 18 tahun. Di antaranya, dengan menjaga pola makan. ”Harus sempatkan makan sebelum beraktivit­as. Gizinya juga harus seimbang,” katanya.

Pola gizi seimbang adalah tercukupi kebutuhan makronutri­en dan mikronutri­ennya. Yakni, karbohidra­t, protein, vitamin, dan mineral.

”Jangan lupa air mineral delapan gelas per hari meskipun bekerja dalam ruangan,” ujarnya. Begitu pula aktivitas olahraga. Menurut Diana, sebaiknya olahraga tidak boleh dilewatkan. Untuk dewasa, seharusnya 185 menit per minggu. ”Bisa dibagi per hari,” imbuhnya.

 ?? NUTRIBOOST FOR JAWA POS ?? SIBUK, TETAP FIT: Aktor dan presenter Temmy Rahadi berbagi tentang gaya hidup sehat yang dia jalani.
NUTRIBOOST FOR JAWA POS SIBUK, TETAP FIT: Aktor dan presenter Temmy Rahadi berbagi tentang gaya hidup sehat yang dia jalani.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia