Jawa Pos

Ma’ruf Ketum MUI hingga Munas 2020

-

JAKARTA, Jawa Pos – Rakernas V Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Kuta Mandalika, Lombok Tengah, berakhir kemarin (13/10). Ada sejumlah keputusan yang dikeluarka­n. Di antaranya, meminta KH Ma’ruf Amin tetap menjadi ketua umum MUI sampai pelaksanaa­n musyawarah nasional (munas) tahun depan.

Hasil rakernas itu disampaika­n Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi kemarin. Ada sejumlah alasan di balik permintaan tersebut. ”Untuk kepentinga­n kesinambun­gan organisasi. Sekaligus menjaga tradisi alih kepemimpin­an secara baik dan bijaksana,” katanya.

Zainut menjelaska­n, hasil Rakernas V MUI mengamanat­kan kepada dewan pimpinan untuk menjadikan Munas MUI 2020 sebagai momentum reposisi peran, khudmah, dan kebangkita­n serta transforma­si MUI. Tentu saja di bawah komando ketua umum yang dihasilkan dari forum munas tahun depan.

Namun, hingga kemarin belum ditetapkan kapan munas 2020 digelar. Melalui transforma­si yang berjalan dengan baik, Zainut berharap MUI bisa menjaga hubungan baik dengan pemerintah pusat maupun daerah. ”Kiai Ma’ruf Amin akan menjadi wakil presiden sehingga dapat memperkuat peran MUI. Khususnya sebagai mitra pemerintah,” ucapnya.

Munas tahun depan juga diharapkan bisa meredam polarisasi di tengah umat. Zainut menjelaska­n, pelaksanaa­n Pemilu 2019 lalu mengakibat­kan terjadinya polarisasi di kalangan umat. Yakni antara pendukung Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto.

Dengan selesainya pelaksanaa­n pemilu, MUI mendorong seluruh elemen untuk kembali memperkuku­h ukhuwwah

Islamiyyah, wathaniyya­h, dan insaniyyah. Khususnya kepada para pimpinan MUI di seluruh jenjang kepengurus­an.

Sebagaiman­a diketahui, setelah terpilih sebagai wakil presiden mendamping­i Jokowi, posisi Ma’ruf Amin sebagai ketua umum MUI menuai polemik. Sesuai dengan regulasi internal MUI, petinggi MUI yang menjadi pejabat pemerintah­an harus mengundurk­an diri. Menurut jadwal, Ma’ruf akan dilantik bersama Jokowi pada Minggu (20/10).

 ?? HUMAS MUI ?? MASIH MENJABAT: KH Ma’ruf Amin menyampaik­an pidato dalam penutupan Rakernas V MUI di Lombok Tengah kemarin.
HUMAS MUI MASIH MENJABAT: KH Ma’ruf Amin menyampaik­an pidato dalam penutupan Rakernas V MUI di Lombok Tengah kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia