Jawa Pos

MELAWAN KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN

Wayang Orang Tali Roso, Roso Tali

-

SURABAYA, Jawa Pos – Gelak tawa terdengar dari setiap sudut gedung Balai Pemuda kemarin (13/10). Penonton dibuat terbahak oleh aksi komunitas Pecinta Budaya Nusantara (PBN). Mereka menghadirk­an pertunjuka­n wayang orang berjudul Tali Roso,

Roso Tali. Karena disuguhkan dengan menggunaka­n bahasa

Suroboyoan, cerita dan guyonannya pun dirasa mengena.

Wayang orang tersebut menceritak­an Batara Dewa dan Batara Narada yang turun ke bumi. Mereka menjelma menjadi sosok Tali Roso dan Roso Tali. Dengan maksud menggoda Dewi Lesmanawat­i. Para Kurawa dan Pandawa kemudian marah terhadap dua sosok itu. Tetapi, mereka tidak mampu mengusirny­a.

Lalu, Romo Semar berusaha ambil andil untuk melawan Roso Tali dan Tali Roso. Mulanya, hal itu disepeleka­n Kurawa maupun Pandawa. Tidak seperti yang dibayangka­n, Romo Semar tibatiba menemukan busana Batara Dewa dan Batara Narada yang asli. Busana itu kemudian diberikan kepada Gareng dan Petruk. ’’Nyoh, kowe iso dadi Dewo lek nggae klambi kuwi,’’ kata Romo Semar. Mereka pun berubah menjadi jelmaan dewa. Romo Semar sendiri berkamufla­se menjadi kesatria bagus bernama Tali Buana. Itu dijadikan ’’senjata’’ untuk mengalahka­n Tali Roso dan Roso Tali.

Membawa 30 pemain, pertunjuka­n tersebut berhasil membuat

penonton terpingkal pada adegan klimaks. Yakni, saat Petruk dan Gareng memakai baju Dewa

dengan terbolak-balik. ’’Lha kok swiwine nggak isok miber lek nang

ngarep,’’ kata Petruk.

Saat para dewa-dewa kahyangan turun ke bumi, mereka pun refleks menyembah Gareng dan Petruk yang menjelma menjadi dewa. ’’Dewo-ne melu ndagel,’’ ucap Gareng.

Penyelengg­ara Ris Handono mengatakan bahwa cerita Tali Roso,

Roso Tali bermakna melawan kejahatan dengan kebaikan. Hal itu berlaku di segala zaman. Dia berharap cerita tersebut bisa direfleksi­kan dalam kehidupan masyarakat. ’’Kalau ada orang jahat, tidak harus dilawan jahat. Pasti ujung-ujungnya akan ketahuan,’’ kata penasihat komunitas PBN itu.

 ?? HARIYANTO TENG/JAWA POS ?? SENGIT: Salah satu adegan ketika Roso Tali (kiri) melawan Werkudara dalam pementasan di gedung Balai Pemuda kemarin (13/10).
HARIYANTO TENG/JAWA POS SENGIT: Salah satu adegan ketika Roso Tali (kiri) melawan Werkudara dalam pementasan di gedung Balai Pemuda kemarin (13/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia