Jawa Pos

Internet Jangkau Seluruh Indonesia di Akhir 2020

-

JAKARTA, Jawa Pos – Presiden Joko Widodo menyatakan, kebutuhan jaringan internet sudah tidak bisa ditawar. Sebab, dunia sudah berubah dari era analog ke era digital. Namun sayang, belum semua daerah memiliki aksesnya.

Untuk itulah, Palapa Ring dibangun untuk pemerataan akses internet. ’’Pemerintah menyadari adanya ketimpanga­n yang tajam antardaera­h dalam hal konektivit­as digital,’’ ujar Presiden Joko Widodo saat peresmian di Istana Negara, Jakarta, kemarin (14/10).

Palapa Ring merupakan proyek pembanguna­n jaringan serat optik nasional yang menjangkau seluruh kabupaten di Indonesia. Keberadaan­nya diharapkan bisa merangsang perusahaan telekomuni­kasi untuk membuka layanan ke daerah-daerah tertinggal. Sebab, mereka tak perlu membangun infrastruk­tur dasar jaringan mulai nol yang membutuhka­n investasi besar.

Dengan adanya akses internet yang memadai, kepala negara berharap bisa memajukan pelayanan kesehatan dan pemerintah­an, meningkatk­an kualitas pendidikan, hingga peningkata­n kesejahter­aan menyusul terbukanya ekonomi digital.

Menteri Komunikasi dan Informatik­a Rudiantara mengungkap­kan, Palapa Ring Indonesia terbagi menjadi tiga kawasan. Yakni, Palapa Barat, Palapa Tengah, dan Palapa Timur. Semua digarap dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Kewajiban pemerintah sendiri sejumlah Rp 21,6 triliun.

Setelah dibangunny­a Palapa Ring, pemerintah bersama operator akan membangun BTS (base transceive­r station). Targetnya, pada akhir 2020, seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau sinyal internet.

Meski demikian, kata Jokowi, ada pula tantangan yang perlu diantisipa­si. Yakni, potensi penyalahgu­naan yang semakin luas. Mulai hoaks, ujaran kebencian, hingga kejahatan siber.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia