Jawa Pos

Bersiap Melebur ke ”Dunia” Watchmen

-

Jawa Pos

NEW YORK, Jawa Pos – Ticktock.Tick-tock.Tick-tock.Watchmen, serial yang ditunggu-tunggu garapan Damon Lindelof, siap tayang perdana 20 Oktober waktu AS atau Senin 21 Oktober pukul 08.00 WIB (bersamaan dengan AS) di HBO dan HBO GO. Penayangan ulang dilakukan pada hari yang sama pukul 21.00 WIB. Serial itu diangkat dari novel grafis ikonik keluaran DC Comics yang diciptakan Alan Moore dan Dave Gibbons pada 1986. Juga, sempat dijadikan film pada 2009.

Pembaca setia komiknya bakal mendapatka­n ”pandangan” baru tentang kisah Ozymandias, Rorschach, Dr Manhattan, Silk Spectre, dan ”dunia” penuh masalah yang mereka tinggalkan. Sebab, Lindelof membuat cerita baru, tiga dekade setelah ending komik. Tapi, yang belum sempat membaca komiknya pun tetap bisa melebur dengan dunia baru Watchmen yang dibangun Lindelof. Apa saja yang perlu diketahui sebelum menonton episode perdananya?

• Watchmen versi serial TV ini mengambil suasana sejarah yang berbeda. Robert Redford adalah presiden, pahlawan bertopeng dianggap ilegal, dan polisi mengenakan masker kuning cerah setelah kelompok teroris domestik menjadikan mereka target serangan.

• Ada beberapa karakter baru yang tidak ada dalam komik. Yang paling mencuat adalah Angela Abar, seorang detektif perempuan yang memiliki identitas lain sebagai Sister Night. Beberapa karakter baru lainnya akan muncul di episode-episode berikutnya.

• Jangan lewatkan 10 menit pertama. Meski Watchmen ber-setting Tulsa di waktu sekarang (2019), bagian awal itu menceritak­an kejadian inti puluhan tahun silam yang menjadi background cerita. Beberapa karakter pahlawan dalam komik kini berada dalam kehidupan baru yang ”rumit”. Ozymandias semakin tak bisa ditebak, Dr Manhattan (mungkin) masih di Mars. Dan, kepinganke­pingan puzzle lainnya. Jika bertanya-tanya mengapa kelompok teroris mengenakan topeng mirip

Rorschach? Seperti yang dikatakan Lindelof dalam press junket di New York, AS, awal Oktober lalu. ”Karakter-karakter di dalamnya banyak yang memiliki latar complicate­d,” tuturnya.

Bersiaplah untuk mendapatka­n kejutan di awal. Termasuk, Jeremy Irons yang memerankan Adrian Feidt tua yang tinggal di rumah besar dengan para pelayan setia tetapi juga ”creepy”. Apa yang dia rencanakan kini? Akankah kecemerlan­gannya berubah menjadi kegilaan?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia