Jawa Pos

Korsleting, Kijang Tinggal Kerangka

-

MADIUN, Jawa Pos – Karyawan SPBU Caruban, Kabupaten Madiun, sempat panik. Itu terjadi karena mendadak muncul asap, lalu api keluar dari dalam kap mobil Toyota Kijang yang sedang antre mengisi BBM kemarin (19/10).

Pengemudi mobil tersebut adalah Suwarno. Ketika asap bertambah pekat, warga Desa/ Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro, itu langsung keluar dari mobil. Dia dibantu warga mengamanka­n diri.

Saat hendak masuk SPBU di Desa/Kecamatan Mejayan tersebut, dia sempat mencium aroma kabel terbakar. Namun, karena jendela mobil terbuka, dia menduga bau itu bersumber dari kendaraan bermotor di sekitarnya. ’’Saat itu mobil korban parkir di depan sebuah gang perumahan Permata Residence, tepat di samping SPBU,’’ kata Kapolsek Mejayan Kompol Pudjiyono.

Diduga, mobil bernopol AE 1736 EE itu terbakar akibat korsleting kabel pada mesin depan. Nyala api membesar karena sang pemilik tidak berusaha membuka tutup mesin. ’’Korban mengalami luka bakar ringan di bagian jari kaki,’’ ungkapnya.

Pemilik mobil lain yang juga antre di SPBU itu memilih untuk memindahka­n mobil mereka guna menghindar­i risiko ikut terbakar. Menurut Pudjiyono, api makin besar serta melalap seluruh bodi mobil hingga tinggal kerangka.

Sesaat kemudian, barulah satu unit mobil pemadam kebakaran (PMK) sampai di lokasi. Tidak perlu waktu lama bagi PMK untuk memadamkan api. Sepuluh menit berselang, api bisa dikuasai dan tinggal dilakukan pembasahan. Pemadaman tersebut dibantu petugas SPBU dengan menggunaka­n APAR.

Meski begitu, akibat kejadian tersebut, polisi menghentik­an operasiona­lSPBUuntuk­sementara sampai kondisi normal. ’ Kerugian ditaksirme­ncapaiRp35­juta.Dugaan sementara, api bersumber dari korsleting kabel pada mesin mobil,’’ terangnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia